Empat Semifinalis Copa del Rey Perlihatkan Kesenjangan Prestasi

Gila BolaSemifinal Copa del Rey memperlihatkan ada kesenjangan di antara keempat tim peserta, namun sekaligus keadilan bagi empat tim tersebut. Begini ceritanya.

Dari empat tim yang bertarung di babak empat besar kompetisi Piala Raja Spanyol itu satu tim sudah menang 23 trofi, satu lainnya 10 kali, dan dua sisanya hanya dua kali dan satu kali. Selengkapnya sebagai berikut:

  • Athletic Bilbao juara 23 kali, 16 sisanya kalah di final
  • Atletico 10 kali juara, sembilan sisanya takluk di final
  • Real Sociedad masuk final enam kali, dua kali saja menjadi juara
  • Real Mallorca tiga kali final, satu kali menjadi juaranya

Atletico Kontra Bilbao, Mallorca vs Sociedad

Lebih menarik lagi saat melihat komposisi siapa lawan siapa di babak empat besar Piala Raja Spanyol ini. Bagi penonton terasa kurang adil karena ada final kepagian, namun bagi setidaknya dua tim yang bertarung, terasa lebih adil dan berimbang.

Atletico yang sudah juara 10 kali di ajang ini bertemu Bilbao yang sepanjang sejarah sudah menang 23 kali dan merupakan tim kedua paling gigih sepanjang sejarah setelah Barcelona.

Keduanya baru akan bertemu malam ini di Metropolitano pada Kamis dinihari (8/2) pukul 03.30 WIB dan reputasi Bilbao di kandang Atletico sama sekali tidak bagus. Jadi kemungkinan besar pasukan Ernesto Valverde itu akan main bertahan guna menunggu leg kedua di San Sebastian, akhir Februari nanti.

Sementara Sociedad yang dua kali juara akan menjumpai Mallorca. Keduanya sudah menyelesaikan leg pertamanya dengan skor imbang 0-0 dan akan berjumpa untuk leg kedua di San Sebastian.

Daftar Tim Paling Sukses di Copa del Rey

Barcelona adalah tim paling sukses di ajang kompetisi ini, sudah menjadi pemenangnya sebanyak 31 kali. Itu terjadi setelah 42 kali lolos ke final.

Bilbao di urutan kedua dengan 23 kali juara, yang dibarengi 39 kali masuk final. Sangat mengesankan jika membandingkan budget gaji dan transfer pemain mereka dibandingkan Blaugrana.

Di urutan ketiga ada Real Madrid yang 40 kali lolos ke partai puncak dan 20 kali merebut pialanya.

Posisi kelima dan seterusnya ada Atletico 10 kali juara, Valencia delapan kali, Real Zaragoza enam, Sevilla lima, dan Espanyol empat, selain beberapa klub lain dengan angka di bawahnya.

Real Betis dan Real Union sama-sama menjadi juaranya sebanyak tiga kali, selain Sociedad dan Deportivo La Coruna dua kali.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!