Iran vs Qatar, The Maroons Tinggal Selangkah Lagi Pertahankan Gelar Piala Asia

Gila Bola – Hasil Iran vs Qatar di semifinal Piala Asia yang berlangsung di Al Thumama Stadium, Rabu (7/2) malam, berakhir dengan skor 2-3.

Laga seru terjadi dalam pertemuan kedua tim ini. Jual-beli serangan terus terjadi sejak kickoff hingga menit-menit akhir laga. Iran memang bermain dengan 10 pemain di akhir laga setelah Shojae Khalilzadeh dikartu merah, tetapi hal itu tak mengendurkan Tim Melli untuk menekan tim tuan rumah.

Di laga ini, Iran berhasil unggul lebih dulu lewat gol cepat Sardar Azmoen di menit ke-4. Koleksi ini kemudian digandakan Alireza Jahanbakhsh tepat di menit ke-50.

Namun Qatar membalasnya dengan tiga gol yakni lewat aksi Jassem Gaber Abdulsallam di menit ke-17, Akram Afif di menit ke-43 dan Almoez Ali di menit 82.

Berkat kemenangan ini, Qatar menang dan berhasil melaju ke final. Akram Afif dan kawan-kawan – yang sudah ditunggu Yordania di laga final, tinggal selangkah lagi mempertahankan gelar juara Piala Asia.

Iran Cetak Gol Cepat, Qatar Ngotot Samakan Kedudukan

Iran berhasil memimpin lebih dulu lewat gol indah Sardar Azmoun di area penalti Qatar saat laga baru berjalan empat menit. GOL!

Kebobolan gol cepat membuat Qatar tampil lebih bringas dan ngotot samakan kedudukan. Namun berkali-kali upaya mereka berhasil digagalkan para pemain Iran.

Upaya mereka membuahkan hasil di menit ke-17 saat Jassem Gaber Abdulsallam akhirnya berhasil mengejar dan membawa Qatar samakan kedudukan 1-1. GOL!

Akram Afif nyaris gandakan keunggulan Qatar di menit ke-32, tapi bola hasil tembakannya berhasil dibendung kiper Iran, bola muntah pun gagal ia manfaatkan.

Akram Afif Bawa Qatar Berbalik Unggul

Ia kembali berupaya gandakan skor Qatar enam menit kemudian. Namun, kali ini langsung dihalau pemain bertahan Iran di luar kotak penalti mereka.

Upaya Qatar untuk gandakan keunggulan mereka akhirnya membuahkan hasil di menit 43 setelah Afif berhasil melewati penjagaan empat bek Iran dan menceploskan bola dari pinggir kotak penalti. GOL! 2-1 Untuk Qatar!

Alih-alih mempertahankan keunggulannya, Iran mendapat hadiah penalti di awal babak kedua setelah pemain Qatar A Fathy lakukan handball di area penaltinya.

Iran Samakan Kedudukan Lewat Titik Putih

Alireza Jahanbakhsh yang tampil sebagai eksekutor berhasil membawa Iran samakan kedudukan 2-2 tepat di menit ke-50. GOL!

Sesaat kemudian Qatar lakukan serangan balik dan nyaris menyarangkan gol ketiga ke gawang Tim Melli.

Iran tak kalah ngotot dalam upaya mereka mencetak gol penentu kemenangan di laga ini. Di menit 74, tiga pemain Iran berkumpul di depan gawang tuan rumah dan berupaya keras menjebol gawang Qatar.

Namun, bukan cuma kiper yang bekerja keras menjaga gawangnya, tetapi beberapa pemain belakang The Maroons pun dengan sigap membantu pertahanan dan mematahkan serangan lawan.

Almoez Ali Penentu Kemenangan Qatar, Iran Kehilangan Satu Pemain

Hingga akhirnya, Almoez Ali sukses menyarangkan bola ke gawang Iran delapan menit sebelum laga normal usai. Meskipun sempat diprotes para pemain Iran dengan dugaan offside, wasit tetap mensahkan gol tersebut. Qatar pun unggul 3-2! GOL!

Tepat di menit ke-90 Shojae Khalilzadeh  lakukan kesalahan fatal dengan menabrakkan dirinya ke arah Afif yang tengah berlari kencang sembari menggiring bola. Akibatnya, setelah berkonsultasi dengan VAR, wasit pun mengeluarkan kartu merah. Iran pun bermain dengan 10 pemain di masa injury babak kedua.

Meski hanya diperkuat 10 pemain, Iran tampil lebih menekan di sisa laga. Mereka mati-matian berusaha mencetak gol penyama kedudukan, dan berusaha memaksa Qatar untuk menyudahi laga normal dengan skor imbang.

Jahanbakhsh harusnya bisa membawa Iran samakan kedudukan diu masa injury, tetapi tebakannya masih membentur tiang gawang tuan rumah. GAGAL!

Upaya Iran akhirnya harus terhenti setelah wasit meniup peluit panjang, dan laga ditutup dengan skor 2-3 untuk kemenangan tuan rumah Qatar.

Susunan Pemain Iran vs Qatar

  • Iran (4-2-3-1): A Beiranvand; R Rezaeian, H Kanaanizadegan, S Khalilzadeh, E Hajsafi; S Afagh, O Ebrahimi; A Jahanbakhsh, S Ghoddos, Mahedi Taremi; S Azmoun.
  • Qatar (4-4-2): M Barsham; MW Abdulwahhab, A Mukhtar, Lucas Mendes, P Miguel; H Ahmed, A Fatehi, J Gaber, Y Abdurisag; Akram Afif, A Ali.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!