FIFA Pilih Maroko Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub di Bulan Februari

FIFA memberi kehormatan pada Maroko untuk menjadi tuan rumah turnamen Piala Dunia Antarklub yang berikutnya di bulan Februari 2023. 

Gila Bola – Juara Liga Champions, Real Madrid, lalu tim juara Amerika Selatan Flamengo dan Seattle Sounders – juara Liga Champions CONCACAF asal Amerika Serikat,  akan terlibat dalam turnamen yang hanya diikuti tujuh tim tersebut di bulan Februari.

Setelah Timnas Maroko tampil gemilang dan berhasil mencapai semifinal Piala Dunia Qatar, negara tersebut mendapat kehormatan menjadi tuan rumah sebuah event sepak bola global berikutnya yang akan digelar enam pekan mendatang. Demikian diputuskan dewan pengurus FIFA.

Turnamen di Maroko itu akan menjadi edisi Piala Dunia Antarklub terakhir yang hanya diikuti tujuh tim. Berikutnya, tepatnya di tahun 2025, ajang tersebut akan diperluas jangkauannya dan rencananya diikuti oleh 32 tim.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT
JayaPoker
JayaPoker
HKIndo
HKIndo

Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengaku perubahan format itu dimaksudkan untuk membuat turnamen tahunan tersebut ‘benar-benar mirip sebuah perhelatan Piala Dunia’.

Maroko Kedapatan Jatah Dua Tim

Di Maroko sendiri, Casablanca – kota terbesar di negara tersebut, akan menjadi lokasi dari turnamen yang digelar selama 10 hari tersebut, yang tampilkan juara kontinental dari enam konfederasi sepak bola di dunia.

Wydad memenangkan Liga Champions Africa musim lalu, dan juga menjadi juara Liga Maroko. Tempat cadangan FIFA untuk juara liga di negara tuan rumah harus dialihkan ke klub runner-up liga, Raja Club Athletic.

Baik Wydan maupun Raja merupakan dua tim yang sama-sama bermarkas di kota Casablanca, di mana stadion Stade Mohammed V yang berkapastitas 67 ribu tempat duduk bisa menjadi venue untuk beberapa laga dari delapan pertandingan di Piala Dunia Antarklub.

Maroko Pernah Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub

Maroko sebelumnya juga pernah menjadi tuan rumah dari perhelatan Piala Dunia Antarklub di tahun 2013 dan 2014, di mana kedua turnamen itu masing-masing dimenangkan Bayern Munchen dan Real Madrid.

Sampai saat ini, hanya tim-tim asal Eropa dan Amerika Selatan yang berhasil memenangkan trofi Piala Dunia Antarklub, sejak turnamen itu digelar kembali di tahun 2005 – dengan format yang berlaku saat ini.

FIFA sudah lama meluncurkan versi baru dari Piala Dunia Antarklub dengan 24 atau 32 tim yang akan terlibat dalam turnamen yang digelar di setiap bulan Juni tersebut.

Piala Dunia Antarklub Format Baru Harusnya Diterapkan Tahun Lalu

Format baru ini seharusnya digelar di China pada tahun 2021, tetapi kemudian dibatalkan akibat pandemi. Ketika itu belum ada pula media maupun sponsor yang telah menandatangani kontrak untuk turnamen dengan format baru tersebut.

Diungkapkan Infantino, seperti yang dilansir Fresnobee, format baru ini rencananya akan diluncurkan di tahun 2025 dan pembicaraan untuk mematangkan teknis penyelenggaraannya pun akan segera digelar dalam waktu dekat ini, setelah dewan pengurus menyetujuinya di hari Jumat (16/12).

Untuk Piala Dunia Antarklub berformat baru di tahun 2025 itu, kemungkinan besar akan digelar di Amerika Serikat dan berfungsi juga sebagai ajang uji coba untuk Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di tiga negara, yakni Amerika, Kanada dan Meksiko.

PILARWIN
PILARWIN
IBOSport
MACAUBET
TexasPoker
JokerNet88
SebelumnyaFormasi Tottenham Hotspur Jika Kapten Manchester United Gabung Januari 2023
SelanjutnyaMaroko Harus Kembali ke Formula Awal di Piala Dunia 2022, Main Terbuka Malah Kalah