Final Euro U21 Pertama Dalam 39 Tahun! Musuh Inggris Entah Spanyol atau Ukraina

Gila Bola – Tiga pemain Premier League menjadi penentu kelolosan tim muda Inggris ke final Euro U21 yang menjadi partai puncak pertama mereka dalam 39 tahun di kompetisi U21 level Eropa itu. Calon lawan mereka di final salah satu dari Spanyol atau Ukraina.

Partai semifinal pertama ini usai pada Kamis dinihari (6/7) dengan gol-gol dari Morgan Gibbs-White pemain Nottingham Forest, Cole Palmer yang merumput bagi Manchester City, serta Cameron Archer asal Aston Villa pada menit terakhir pertandingan.

Gol dari Gibbs-White menit 42, yang fotonya bisa Anda lihat di atas, merupakan aksi penebusan dosa setelah ia gagal menyarangkan bola dari titik penalti pada seperempat jam babak pertama laga di Adjarabet Arena di Batumi, Georgia.

Situasi Pertandingan Inggris vs Israel

Tim yunior Tiga Singa ini tampil dominan selama dua babak pertandingan semifinal Euro U21 ini, tetapi lebih menjadi-jadi lagi selama 45 menit kedua saat kepemilikan bola Inggris naik menjadi 68% dan delapan percobaan gol, dengan tiga tepat sasaran. Dua menjadi gol dari Cole Palmer menit 63 dan Cameron Archer menit 90.

Sebelumnya pada paruh pertama sang bintang Nottingham, Gibbs-White, gagal menyarangkan gol dari titik putih dengan bola meleset ke sisi kanan gawang Tomer Tzarfati.

Sesaat sebelum bola dieksekusi oleh Gibbs-White, bola sebenarnya dipegang-pegang oleh Anthony Gordon, namun sang pemain Newcastle United itu entah mengapa malah menyerahkannya bagi sang pemain Forest.

Paruh pertama dominasi juga berada di bawah kekuasaan Inggris dengan dominasi bola mencapai 66% dan tujuh upaya gol dari tim Tiga Singa, tetapi jumlah enam percobaan gol dari pasukan Guy Luzon mengimbangi tim berbaju merah.

Siapa Calon Lawan Inggris di Final?

Calon lawan mereka di final masih akan ditentukan oleh  partai semifinal kedua antara Spanyol vs Ukraina yang baru akan dimulai beberapa jam lagi pada Kamis dinihari (6/7) ini. Partai puncak Euro U21 akan dimainkan 9 Juli 2023 dinihari di stadion yang sama di Batumi seperti malam ini.

Seperti telah disinggung tadi, ini akan menjadi final pertama timnas U21 Inggris di kompetisi ini sejak terakhir kalinya lolos ke partai puncak 39 tahun silam, yang mereka menangkan pada 1984 dan dua tahun sebelumnya, 1982.

Spanyol dan Italia adalah dua negara paling sukses di ajang ini dengan lima kali menjadi juara masing-masing. Jerman dengan tiga kali dan Inggris dua adalah dua negara berikutnya dalam hal jumlah trofi kompetisi U21 ini.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!