Tidak Ganteng, Tapi Satu-satunya Pemain Manchester City di Ambang Empat Trofi!

Gila Bola – Coba lihat foto pemain Manchester City ini. Usianya masih 21 tahun. Jarang dimainkan. Cuma jadi cadangan di Liga Champions. Tapi ia memberi dua assist dan mencetak satu gol tadi malam, serta bersiap menyambut piala keempatnya dalam semusim. Hebat kan!

Namanya Cole Palmer. Ia mencetak satu gol ke gawang Israel dalam pertandingan semifinal Euro U21 yang selesai Kamis dinihari (6/7), selain memberi dua assist, yakni untuk gol pertama Morgan Gibbs-White serta gol ketiga dari Cameron Archer.

Sebagai hasilnya timnas Inggris U21 yang dibelanya lolos ke final Euro U21 yang berlangsung di Rumania dan Georgia pada bulan Juli 2023 ini dan mereka akan bersiap mengetahui calon musuh mereka di partai final, salah satu dari Spanyol atau Ukraina.

Cole Palmer Tercatat di Tiga Kompetisi, Tapi Tidak Main di Liga Champions

Bagaimana ia bisa mendapatkan medali emas Liga Champions jika tidak pernah bermain? Ya boleh saja karena namanya masuk daftar skuad sebagai pemain cadangan meskipun tidak satu menit pun turun bermain bagi tim biru langit di kompetisi Eropa itu.

Sementara itu ia turun bermain sebagai starter sebanyak dua kali di Premier League bagi pasukan Pep Guardiola, 12 kali sisanya sebagai pemain pengganti. Ia juga turun bermain tiga kali sebagai pelapis di ajang Piala FA, satu kali sebagai starter.

Sebagai akibatnya, ia sudah mendapatkan piala juara Premier League atas namanya, selain Piala FA dan Liga Champions. Kini, ia di ambang trofi keempatnya dalam semusim jika Tiga Singa berhasil menang di final, 9 Juli nanti. Baru 21 tahun sudah memperoleh empat piala!

Usai satu gol dan dua assist bagi timnas Inggris di semifinal ini, namanya akan masuk daftar pemain yang dipantau serius oleh Guardiola dan akan diberi kesempatan untuk tampil mengesankan bagi skuad senior.

Final Pertama Inggris Setelah 14 Tahun

Apa yang lebih mengesankan bagi Cole Palmer, keberhasilan mereka lolos ke final Euro U21 ini, yang terjadi berkat satu gol dan dua assist dari dirinya, merupakan kali pertama sejak terakhir kalinya lolos ke partai puncak pada tahun 2009, atau 14 tahun yang lalu.

Namun sebenarnya mereka pernah menjadi juara kompetisi yang sama pada 1982 dan 1984. Itu setara dengan 39 tahun silam.

Ini akan menjadi kesempatan terbaik the Three Lions untuk merebut gelar juara Euro U21, sebuah kompetisi yang selama ini didominasi oleh Spanyol dan Italia. Kedua negara itu menang sebanyak lima kali masing-masing, selain Jerman tiga kali.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!