Final Piala FA Melawan Manchester City Akan Jadi Penentu Nasib Erik Ten Hag

Pelatih Manchester United, Erik Ten Hag, kini akan menjalani laga penentuan nasibnya untuk mempertahankan posisinya di Old Trafford saat menghadapi Manchester City di babak final FA Cup hari Sabtu malam.

Untuk dua musim berturut-turut, Stadion Wembley akan menjadi tempat bagi laga derby Manchester dalam pertandingan final Piala FA. Tahun lalu, Man City mengalahkan Man United dengan skor akhir 2-1 sekaligus memberikan treble winner bagi skuad Pep Guardiola, dua trofi lainnya adalah trofi Premier League dan Liga Champions.

Manchester City masih menjadi tim terkuat di Inggris hingga saat ini, dan telah meraih gelar Liga Inggris keempat secara berturut-turut, sebuah rekor yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah liga.

Man United akan datang ke Wembley dengan optimisme meski mereka kalah 12 bulan lalu. Ditambah keyakinan karena skuad Erik Ten Hag telah mengakhiri paceklik trofi selama enam tahun mereka dengan menjuarai Piala Liga lebih awal di musim ini.

Namun sebenarnya kali ini Setan Merah harus menghadapi Manchester City kondisi yang meragukan setelah menjalani musim dengan performa yang naik turun dan membuat pelatih asal Belanda itu menjadi sorotan.

Man United mengakhiri musim liga mereka di peringkat kedelapan, posisi terendah mereka sejak 1990, dan bahkan gagal lolos ke Liga Champions.

Rentetan cedera pemain menjadi kambing hitam bagi Ten Hag, tetapi alasan itu mungkin kurang kuat untuk membuat Sir Jim Ratcliffe san pemilik baru klub untuk tetap mempercayakan tim MU kepadanya musim depan.

Ten Hag dilaporkan menyebabkan ketegangan di antara skuadnya setelah berselisih dengan Jadon Sancho dan juga Marcus Rashford, itu dikatakan menjadi awal mula serangkaian kekalahan memalukan melawan Crystal Palace, Bournemouth, Fulham, Copenhagen, dan Galatasaray.

United juga lolos ke final Piala FA setelah menyia-nyiakan keunggulan tiga gol dan lolos melalui adu penalti melawan tim kasta kedua, Coventry City, di babak semifinal yang semakin menegaskan ketidakkonsistenan strategi sang pelatih.

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate, mantan pelatih Chelsea Mauricio Pochettino, dan pelatih Ipswich Kieran McKenna semuanya kini dikaitkan untuk menggantikan posisi Ten Hag di Old Trafford.

Peluang Ten Hag untuk bertahan di United hingga musim ketiga tentu akan meningkat jika mereka dapat mengalahkan Manchester City di babak final Piala FA dan.

Setelah kalah dalam enam dari tujuh derby Manchester terakhir, United harus bisa memenangkan trofi Piala FA untuk pertama kalinya dalam delapan tahun untuk menghindari gagal lolos ke kompetisi Eropa apapun sejak 2014/15.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!