Haaland, Kane, Mbappe, Daftar Para Pemain Paling Berjasa Bagi Klubnya

Gila Bola – Tidak semua top skor berjasa sangat besar bagi klubnya. Erling Haaland misalnya. Tentu ia memiliki kontribusi besar karena gol-golnya, tapi tidak sebesar jasa Harry Kane bagi Bayern Munchen. Lihat bedanya.

Si bintang Norwegia itu menyumbangkan 33 persen gol-gol Manchester City, tetapi masih kalah dibandingkan kontribusi penyerang Inggris, Kane. Tahu sumbangannya bagi Die Roten? 43 persen! Luar biasa!

Mari kita cek daftar para pemain yang berfungsi sebagai kontributor gol terbesar bagi timnya di lima liga elit Eropa pada urutan setelah Harry Kane untuk klub Bavaria tersebut.

Secara Persentase, Guirassy dan Solanke Lebih Hebat Lagi

Secara jumlah gol, Harry Kane memang tidak tertandingi. 21 gol sejauh musim 2023/24 ini bagi 49 gol raksasa dan juara bertahan Bundesliga tersebut.

Namun jika percentage-wise, Serhou Guirassy tidak terkalahkan dengan 44 persen gol timnya datang dari si pemain Guinea. Sayang, kok tidak ada minat cukup besar dari raksasa Eropa lainnya.

Guirassy sudah melesakkan 17 gol bagi 37 gol VfB Stuttgart, yang setara dengan 46 persen! Bandingkan dengan Kane, 43 persen. Kalah dikit!

Dominic Solanke bagi Bournemouth sedikit di bawahnya, 44 persen. Sudah 12 kali namanya masuk papan skor dan itu berarti ia menjadi faktor penting dari 27 gol klub Liga Inggris itu.

Borja Mayoral Super Top Bagi GetafeĀ 

Angka 43 persen kontribusi bagi gol tim terasa sudah sangat besar. Namun dibandingkan dengan Borja Mayoral, ternyata masih kalah jauh.

Sebanyak 12 gol sudah dicatatkan bekas gelandang serang Real Madrid dan AS Roma itu di ajang Liga Spanyol bagi Getafe. Itu setara dengan 50 persen kontribusi!

Jadi, jika kita mengabaikan angka golnya dan berkonsentrasi semata-mata pada persentase, Borja Mayoral menduduki ranking pertama, disusul Serhou Guirassy dan kemudian Dominic Solanke.

Barulah setelah itu Harry Kane dan Kylian Mbappe pada posisi berikutnya. Masing-masing dengan 43 persen.

Si penyerang Perancis bekas penyerang AS Monaco itu memiliki 18 gol dari 42 gol PSG. Dari kasusĀ  ini kita bisa melihat bahwa semakin merata dan terdistribusi pencetak gol dalam sebuah tim, semakin kecil peran seorang top skor.

Lautaro, Mo Salah dan Bellingham Berikutnya

Haaland tidak sendirian di daftar ini dengan kontribusi 33 persen. Duduk bersamanya adalah Jude Bellingham dengan angka 13 gol dari 39 gol Los Blancos. Sama setara, 33 persen.

Di bawah mereka ada Mohamed Salah bagi Liverpool, 12 gol dari 39 gol the Reds, setara dengan 31 persen.

Kemudian tidak boleh dilupakan Lautaro Martinez dengan figur mencapai 37 persen setelah menyumbangkan 15 gol dari 41 gol Inter sejauh musim ini.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!