Hasil Angola vs Namiba Skor 3-0 di Babak 16 Besar Piala Afrika 2024

Gilabola.com – Hasil pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2024 antara Angola vs Namibia berakhir dengan skor 3-0, kedua tim bermain dengan hanya 10 pemain setelah di babak pertama wasit melayangkan satu kartu merah untuk masing-masing tim.

  • Kiper Angola menerima kartu merah karena kesalahan konyol
  • Disusul kartu merah kedua bagi pemain Namibia, Lubeni Haukongo
  • Dua gol Gelson Dala dan satu gol Mabululu antar kemenangan untuk Angola atas Namibia di babak 16 Besar Piala Afrika 2024

Kiper Angola, Neblu, mendapat kartu merah dari wasit saat pertandingan baru berjalan 17 menit di babak pertama. Sementara itu jumlah pemain Namibia juga dikurangi menjadi sepuluh orang setelah Lubeni Haukongo juga mendapat kartu merah di menit ke-40.

Jalannya Pertandingan Angola vs Namibia

Angola maju ke babak sistem gugur AFCON setelah finis di puncak Grup D saat mereka mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan. Namibia, sementara itu, berhasil lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik setelah mengumpulkan empat poin dari tiga pertandingan di Grup E.

Yang menarik dari japannya pertandingan babak pertama antara Angols vs Namibia ini adalah dua kartu merah di babak pertama. Kiper Angola, Neblu, mendapatkan kartu merah saat laga baru berjalan 17 menit. Neblu dikeluarkan karena memegang bola di luar area penaltinya, suatu kesalahan yang sangat konyol bagi seorang kiper.

Sebagai hasil dari Neblu yang diusir, Angola melepas gelandang Estrela, dan kiper pengganti Antonio Signori memasuki pertadingan.

Tepat lima menit sebelum babak pertama berakhir, kocaknya jumlah pemain Namibia juga dikurangi menjadi sepuluh orang, kali ini Lubeni Haukongo yang diusir keluar lapangan karena pelanggaran kedua dan berbuah kartu kuning kedua.

Namun setidaknya Angola berhasil memimpin 2-0 saat waktu turun minum, dua gol dari Gelson Dala dalam kurun waktu empat menit (menit 38 dan 42) sebelum babak pertama berakhir membawa keunggulan bagi timnya.

Gol pertama Gelson Dala tercipta saat Fredy megirimkan bola kepada Gilberto di posisi melebar, kemudian bola diarahkan kembali ke Fredy dan diteruskan untk umpan Gelson Dala, yang dengan sempurna melepaskan tembakan menjebol gawang kiper Kazapua.

Tak lama kemudian Dala merubah kedudukan menjadi 2-0 lewat brace-nya. Namibia benar-benar mengalami bencana dalam kurun waktu empat menit. Bola melesat dari sebuah tendangan bebas dan Dala melompat paling tinggi untuk mengarahkan bola dengan sundulan keras menjebol gawang Kazapua sekali lagi.

Di menit ke-66 Mabululu ikut mencatatkan namanya di papan skor dan merubah kedudukan menjadi 3-0, Angola semakin tak terkejar kali ini. Fredy merebut bola di tepi kotak penaltinya sendiri dan memulai serangan balik. Bola diteruskan kepada Mabululu, yang kemudian memotong masuk dan melepaskan tendangan keras kaki kanan yang membuat bola melesat dderas masuk ke sudut jauh!

Susunan Pemain Angola vs Namibia

  • Timnas Angola : Neblu, Afonso, Gaspar, Buatu, To Carneiro, Estrela, Show, Fredy, Gilberto, Mabululu, Gelson Dala. Cadangan : Antonio, Bela, Inacio, Kadu, Keliano, Luvumbo, Milson, Paz, Quinito, Zini.
  • Timnas Namibia : Kazapua, Kamberipa, Amutenya, Haukongo, Hanamub, Muzeu, Katua, Petrus, Hotto, Tjiueza, Shalulile. Cadangan : Gebhardt, Hambira, Haoseb, Kamatuka, Kambato, Limbondi, Maova, Ndisiro, Nyambe, Papama, Rudath, Shitembi

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!