Hasil Korea Selatan vs Malaysia Skor 3-3 di Piala Asia, Taegeuk Warriors Harus Rela Berbagi Poin

Gilabola.com – Hasil Korea Selatan vs Malaysia di laga ketiga Grup E Piala Asia yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Kamis (25/1), berakhir dengan skor 3-3.

Malaysia tampil mengejutkan malam ini, karena sempat memimpin 2-1 atas Korea Selatan hingga 10 menit terakhir. Lee Kang-in memang sempat berhasil menyelamatkan Taegeuk Warriors dari kekalahan di laga terakhir fase grup ini, tetapi akhirnya kedua tim harus berbagi poin.

Di laga ini Korea Selatan unggul lebih dulu lewat gol Jeong Woo-yeong di menit ke-21. Namun di babak kedua – dalam waktu 11 menit saja, Malaysia mencetak dua gol ke gawang Jo Hyeon-woo yang masing-masing dicetak Faisal Halim di menit 51 dan eksekusi penalti Arif Aiman Hanapi di menit 62.

Namun, tendangan bebas Lee Kang-in langsung menghujam gawang Malaysia di menit 82, skor pun imbang 2-2. Penalti Son Heung-min kembali membawa Taegeuk Warriors memimpin 3-2 di masa injury 90+3.

Keunggulan Korea kemudian disamakan pemain yang baru masuk empat menit, Romel Morales, di masa injury 90+13. Korea yang awalnya tampak sudah memenangkan laga ini, akhirnya harus rela berbagi poin setelah skor 3-3 menutup laga dua kali 45 menit.

Hasil imbang ini membuat Korsel – yang sempat menduduki posisi teratas klasemen Grup E, akhirnya kembali turun ke urutan kedua dengan koleksi poin lima. Sedangkan Malaysia, akhirnya bisa membanggakan satu poin yang mereka bawa pulang dari laga malam ini, meskipun tetap tenggelam di posisi juru kunci grup.

Tampil Menekan Sejak Kickoff, Korea Memimpin Lebih Dulu

Kedua tim berusaha tampil menekan sejak awal. Korea yang bertekad mempertahankan posisi mereka di urutan kedua, berusaha terus mengancam gawang Malaysia sejak kickoff. Namun, Malaysia pun tak ingin tertinggal di laga ini meskipun tak mungkin bagi mereka untuk memperbaiki posisi di papan klasemen grup.

Permainan ngotot Taegeuk Warriors akhirnya membuahkan hasil di menit ke-21. Gol Jeong Woo-yeong akhirnya disahkan wasit, setelah kiper Malaysia jelas terlihat di layar VAR menepis bola yang telah melewati garis gawangnya. GOL! 1-0 Korea memimpin.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Upaya skuad asuhan Kim Pan-gon untuk yang samakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil di awal babak kedua.

Malaysia Berhasil Manfaatkan Kesalahan Bek Korea, 1-1!

Pemain Malaysia, Darren Lok, berhasil memanfaatkan keteledoran pemain Korsel dan merebut bola di sekitar area penalti Korea. Akibatnya, para pemain Korea dibuat pontang-panting mengamankan gawangnya.

Operan Lok yang diterima Faisal Halim akhirnya bersarang di gawang Korea, setelah pemain itu mencetak gol dari sudut yang sempit. GOL! Malaysia samakan kedudukan 1-1 di menit ke-51. Meski demikian, wasit sempat berkonsultasi dengan VAR terlebih dulu terkait dugaan offside sebelum mensahkan gol tersebut.

Malaysia Memimpin!

Malaysia mendapat peluang memimpin di menit ke-60 saat wasit menghadiahi penalti akibat pelanggaran yang dilakukan Soel Yeong-woo terhadap Arif. Wasit sempat berkonsultasi dengan VAR, dan Arif yang langsung menjadi eksekutor berhasil menyarangkan bola ke gawang Jo di menit 62. GOL! 2-1 Untuk Malaysia.

Tertinggal dari Malaysia, para pemain Korea berusaha mengejar. Sayangnya mereka gagal menyelesaikan peluang yang tercipta. Sebaliknya, Malaysia berhasil lakukan serangan balik yang nyaris menambah koleksi gol mereka.

Selanjutnya, bisa dibayangkan, Korea yang berjuang ekstra keras untuk samakan kedudukan harus berhadapan dengan rapatnya benteng pertahanan skuad Harimau Malaya.

Tendangan Bebas Lee Kang-in Selamatkan Korea

Alih-alih mempertahankan keunggulannya, gawang Malaysia malah kebobolan di menit 82 lewat tendangan bebas Lee Kang-in yang langsung bersarang di gawang Malaysia, meskipun Arif berhasil menepis temakan tersebut. GOL! 2-2!

Apesnya Malaysia, satu poin di tanganpun melayang setelah pelanggaran dilakukan pemain mereka terhadap Oh Hyeon-gyu di area penalti. Setelah berkonsultasi dengan VAR, wasit pun menunjuk titik putih. Penalti untuk skuad Jurgen Klinsmann!

Son Heung-min yang tampil sebagai eksekutor berhasil membawa Korea Selatan memimpin 3-2 di menit 90+3. GOL! 3-2!

Korea Ngga Jadi Menang!

Namun, para pemain Malaysia belum menyerah dan pelatih Kim Pan-gon pun lakukan pergantian pemain di menit-menit akhir.

Pemain yang baru masuk empat menit, Romel Morales, berhasil menyelamatkan tim Harimau Malaya lewat gol yang dicetaknya di menit 90+15. GOL!! 3-3.

Hasil ini tentu saja sangat mengejutkan, meskipun tak akan memberi dampak apapun bagi posisi Malaysia di klasemen grup. Namun, setidaknya, Malaysia bisa membanggakan satu poin yang mereka bawa pulang dari hasil imbang melawan Korea malam ini.

Susunan Pemain Korea Selatan vs Malaysia

  • Korea Selatan (4-4-2): Cho (Jo) Hyeon Woo; Kim Tae-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Seol Young Woo; Lee Kang-in, Lee Jae-sung, Hwang In-beom, Jeong Woo Yeong; Son Heung-min, Cho Gue Sung.
  • Malaysia (3-4-3): Syihan Hazmi; Dominic Tan, Dion Cools, Shahrul Saad; La’Vere Corbin-Ong, Stuart Wilkin, Brendan Gan, Daniel Ting; Faisal Halim, Darren Lok, Arif Aiman Hanapi.