Hasil Nigeria vs Kamerun Skor 2-0 di Babak 16 Besar Piala Afrika 2024

Gilabola.com – Hasil pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2024 antara Nigeria vs Kamerun berakhir dengan skor 2-0, Ademola Lookman cetak dua gol penentu kemenangan.

Sang juara AFCON tiga kali berhasil meraih kemenangan ke-13 mereka atas Indomitable Lions di semua kompetisi untuk memastikan tempat mereka di babak 8 besar Piala Afrika 2024.

Ademola Lookman menjadi pahlawan saat Nigeria mengklaim kemenangan 2-0 yang menegangkan saat melawan Kamerun untuk bisa maju ke perempat final Piala Afrika 2023.

Lookman mencetak dua gol brilian dalam laga ini, ini juga yang pertama kalinya di AFCON, untuk memastikan Nigeria meraih kemenangan ketiga mereka di Pantai Gading.

Victor Osimhen bermain sangat baik, saat ia memberikan assist untuk gol pembuka, sementara kontribusi Alex Iwobi dan Frank Onyeka sangat besar untuk kemenagan mereka.

Pertahanan Nigeria tampil solid, menerima banyak tepuk tangan saat Super Eagles menjaga clean sheet mereka melawan Kamerun untuk pertama kalinya dalam sejarah AFCON.

Jalannya Pertandingan

Pelatih kepala Jose Peseiro kembali ke lineup awal yang ia gunakan dalam kemenangan melawan Pantai Gading, dengan Alex Iwobi, William Troost-Ekong, Moses Simon, dan Zaidu Sanusi semua menjadi starter.

Ini membantu para pemain Super Eagles untuk menunjukkan pemahaman yang lebih baik di antara mereka sendiri dan seharusnya mereka bisa mencetak gol.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Semi Ajayi sebenarnya melesaakan bola ke gawang tetapi selebrasi para pemain Nigeria terhenti ketika VAR membatalkan gol karena offside.

Super Eagles, akhirnya berhasil memimpin saat Victor Osimhen mengecoh pertahanan Kamerun yang tertidur, mencuri bola dari Jean-Charles Castelletto sebelum mengirimkan assist bagi Lookman untuk gol pertama laga ini.

Memasuki paru kedua, Nigeria terus melakukan tekanan untuk menjaga Indomitable Lions menjauh dari area penalti mereka sambil tetap tampil berbahaya di ujung yang lain.

Di menit akhir babak kedua, Nigeria akhirnya mengunci kemenangan mereka saat tendangan bebas jarak dekat Lookman melesat masuk gawang Ekambi dan merubah kedudukan menjadi 2-0.

Nigeria dengan kemenangan ini akan melaju ke babak perempat final AFCON untuk pertama kalinya sejak 2019.

Super Eagles selanjutnya akan menghadapi Angola setelah mereka mengalahkan Namibia 3-0 dalam pertandingan babak 16 besar lainnya.

Susunan Pemain Nigeria vs Kamerun

Timnas Nigeria : W. Troost-Ekong, Iwobi, Semi Ajayi, Aina, Moses Simon, Osimhen, Lookman, Zaidu, Frank Onyeka, Calvin Bassey, Stanley Nwabili. Cadangan: Omeruo, A. Musa, Paul Onuachu, Iheanacho, F. Uzoho, Joe Aribo, Awaziem, Bright Osayi-Samuel, Samuel Chukwueze, Terem Moffi, Alhassan Yusuf, Raphael Onyedika.

Timnas Kamerun : Ekambi, Castelletto, Fabrice Ondoa, Olivier Ntcham, Nicolas Moumi Ngamaleu, G.K Nkoudou, Anguissa, Oumar Gonzalez, Nouhou, Frank Magri, Christopher Wooh.┬áCadangan: Vincent Aboubakar, Devis Epassy, N’Jie, Olivier Kemen, Harold Moukoudi, Onana, Yvan Neyou, Faris Moumbagna, Ben Elliott, Darlin Yongwa, Enzo Tchato, Junior Tchamadeu