Hasil Piala Afrika: Tim Kejutan Afrika Selatan Singkirkan Semifinalis Piala Dunia, Maroko Dengan Skor 2-0

Gilabola.com – Kejutan besar terjadi di babak 16 besar Piala Afrika 2023 saat Afrika Selatan menyingkirkan Maroko yang bermain dengan 10 pemain dengan skor akhir 2-0 dalam pertandingan yang berlangsung di San Pedro.

Gol-gol timnas Afrika Selatan di babak kedua yang dicetak oleh Evidence Makgopa dan Teboho Mokoena mengantarkan skuad berjuluk Bafana Bafana meraih kemenangan bersejarah melawan tim Maroko yang melihat Achraf Hakimi gagal mengeksekusi penalti di menit-menit akhir dan berakhir dengan sepuluh pemain setelah Sofyan Amrabat diusir keluar.

Maroko, skuad berjuluk Singa Atlas ini, memiliki sejumlah peluang dan mengendalikan sebagian besar penguasaan bola, tetapi Afrika Selatan tetap memberikan menjadi ancaman melalui serangan balik mereka.

Mereka membuka skor melalui serangan balik ketika Makgopa berhasil menghindari perangkap offside dan mencetak gol ke pojok bawah gawang, dengan gol tersebut dinyatakan sah setelah wasit memeriksa VAR terlebih dahulu.

Singa Atlas mendapatkan kesempatan kedua ketika sebuah handball yang tidak disengaja oleh Mothobi Mvala membuat Maroko mendapatkan penalti dan peluang untuk menyamakan kedudukan hanya enam menit menjelang akhir pertandingan.

Namun, sepakan Hakimi mengenai mistar dari titik putih, dan semua menjadi semakin buruk bagi Maroko ketika Amrabat dianggap telah melanggar Mokoena sebagai pemain terakhir saat melakukan serangan dan alhasil ia diberikan kartu kuning kedua, yang kemudian ditingkatkan menjadi kartu merah langsung setelah pemeriksaan oleh VAR.

Dan Mokoena memastikan kemenangan untuk Afrika Selatan dengan mencetak gol dari tendangan bebas yang brilian usai kejadian tersebut.

Afrika Selatan selanjutnya akan menghadapi Tanjung Verde di perempat final AFCON, sementara Maroko akan menyesali peluang besar yang terlewatkan untuk memenangkan trofi terbesar benua ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Di laga sebelumnya, Mali berhasil menahan tekanan untuk mengalahkan Burkina Faso dengan skor akhir 2-1 dan mengamankan tempat mereka di delapan besar, di mana mereka akan bertemu tuan rumah turnamen Pantai Gading.

Pencetak gol melalui tendangan bebas yang membungkus kemenangan untuk timnas Afsel, Mokoena tampil luar biasa sepanjang pertandingan dan menjadi pemain terbaik di laga ini.

Dia secara konstan menguji kiper Bono dalam beberapa kesempatan di babak pertama dengan tembakan jarak jauh yang akurat.

Dan akhirnya penjaga gawang Maroko tersebut tidak memiliki kesempatan saat tendangan bebasnya menjebol gawang Maroko di akhir pertandingan.