Hasil Suriah vs India Skor Akhir 1-0 di Piala Asia, Qasioun Eagles Raih Kemenangan Pertama

Gila Bola – Hasil Suriah vs India di laga ketiga fase Grup B Piala Asia yang digelar di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, Selasa (23/1) malam, ditutup dengan skor 1-0.

Suriah akhirnya berhasil raih kemenangan perdana di Piala Asia. Bukan cuma menjadi yang pertama di turnamen kali ini, tetapi kemenangan perdana yang mereka buru sejak tahun 2011.

Suriah juga ikut-serta di Piala Asia 2015 di Australia, dan Uni Emirat Arab empat tahun kemudian. Namun, di kedua turnamen itu Suriah tak pernah raih satupun kemenangan.

Penantian Suriah sejak tahun 2011 akhirnya kesampaian di laga melawan India malam ini. Satu-satunya gol di laga Suriah vs India malam ini, tercipta lewat tendangan kaki kanan Omar Khrbin dari tengah area penalti lawan di menit 76.

Saking gembiranya karena berhasil mempersembahkan kemenangan pertama bagi negaranya, Khrbin diganjar kartu kuning usai mencetak gol, karena melepas kaos timnya dan dianggap lakukan selebrasi secara berlebihan.

Berkat kemenangan ini, Suriah yang berada di urutan ketiga kini kantongi poin empat – satu poin di belakang Uzbekistan yang bertengger di peringkat kedua dan terpaut tiga poin dari Australia yang merajai klasemen Grup B.

Bagi India sendiri, tim asuhan Igor Stimac itu tak pernah beranjak dari posisi juru kunci dan nol poin – bahkan tak pernah mencetak gol di tiga pertandingan fase grup Piala Asia ini.

Suriah dan India Sama-sama Memburu Kemenangan

Kedua tim berusaha tampil menekan sejak kickoff. Namun pemain kedua tim malah sama-sama lakukan pelanggaran di menit-menit awal.

Pemain India, Mahesh Naorem, berusaha menembakkan tendangan kaki kanannya ke gawang Suriah dari sudut sempit, saat laga baru berjalan empat menit. Namun bola berhasil diamankan kiper lawan.

Giliran pemain Suriah, Pablo Sabbag, yang mencoba menyarangkan sundulannya tiga menit kemudian, tapi upaya inipun berhasil digagalkan kiper India.

Suriah kembali mendapat peluang gol di menit ke-14 lewat aksi Ham dari luar kotak penalti. Sayang upaya ini masih melebar.

Suriah mencoba tampil lebih menekan dan punya dua peluang di menit ke-19, tapi kedua peluang inipun gagal membuahkan hasil.

Suriah Sukses Menggempur India

Suriah pun jadikan area pertahanan India sebagai bulan-bulanan mereka. Beberapa kali pemain Suriah silih-berganti lancarkan serangannya dan membuat para pemain India tak bisa keluar dari wilayah mereka. Sayangnya, tak satupun peluang yang membuahkan hasil bagi tim asuhan Hector Cuper tersebut.

India baru bisa lancarkan serangannya di menit ke-32 lewat tendangan jarak jauh Lalengmawia Ralte, tapi kiper Suriah dengan sigap memblokir tendangan kaki kanannya.

Suriah kembali mengambil alih penguasaan bola dan kembali menekan lini pertahanan India, namun hingga akhir laga tak ada upaya Suriah yang berhasil memecah kebuntuan.

Sebaliknya, kapten India Sunil Chhetri berhasil mengarahkan tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti dan nyaris menjebol gawang Suriah. Namun, bola masih melebar, laga di babak pertama pun ditutup imbang 0-0.

Suriah Tancap Gas di Babak Kedua, dan… GOL!!

Suriah langsung tancap gas di babak kedua, dan punya dua peluang di 45 menit terakhir ini. Namun skor belum berubah.

Suriah benar-benar tak memberi kesempatan pada pemain India untuk menguasai bola, dan terus berusaha lancarkan serangannya.

Namun, India punya satu peluang emas di menit 67 lewat tendangan jarak jauh bintangnya yang baru pulih cedera, Sahal Abdul Samad, yang berusaha memanfaatkan assist Chhetri. Sayang upaya ini berhasil diblokir Suriah.

Upaya mati-matian Suriah akhirnya membuahkan hasil di menit ke-76 saat Omar Khrbin berhasil menyarangkan umpan Ibrahim Hesar ke gawang India. GOL!! 1-0 Suriah memimpin!

Namun, sesaat setelah mencetak gol Khrbin malah dihadiahi kartu kuning oleh wasit karena lakukan selebrasi yang berlebihan.

Sisa babak kedua ini dimanfaatkan para pemain kedua kesebelasan untuk mencetak gol. India tak terima gawangnya dibobol Suriah, dan berusaha kerja mencetak gol penyama kedudukan.

Namun, Suriah tetap menjadi tim lebih memegang kendali jalannya laga ini. Beberapa kali mereka berhasil mengancam gawang India, meskipun tak ada gol tambahan yang tercipta. Peluit panjang akhirnya dibunyikan wasit, laga Suriah vs India pun ditutup dengan skor 1-0.

Susunan Pemain Suriah vs India

  • Suriah (4-4-2): Madanieh, Alajaan, Krouma, Ousou, Oues, Ramadan, Ham, Elias, Alaswad, Sabbag, Hesar.
  • India (4-2-3-1): Gurpreet, Bose, Bheke, Jhingan, Mishra, Apuia, Tangri, Chhangte, Mahesh, Manvir, Chhetri.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!