Hasil Tajikistan vs Qatar Skor Akhir 0-1 di Piala Asia, Si Kribo Akram Afif Kembali Jadi Penentu

Tim nasional Tajikistan gagal membendung sang juara bertahan Qatar yang berhasil menang dengan skor akhir 0-1 di laga matchday 2 Grup A Piala Asia 2024.

Gol kemenangan Qatar, yang juga merupakan tuan rumah kompetisi ini, dicetak oleh Akram Afif di menit ke-17 babak pertama. Laga ini juga diwarnai kartu merah yang membuat tim Tajikistan bermain hanya dengan 10 orang di sepuluh menit terakhir waktu normal.

Qatar Unggul 1-0 di Babak Pertama

Pertandingan antara Tajikistan dan Qatar berlangsung dengan tempo tinggi, khususnya pada babak pertama. Qatar mendominasi permainan dengan inisiatif membuka lapangan dan bermain dengan sentuhan bola pendek yang baik.

Dzhalilov mencoba mengancam gawang Qatar sendirian, tetapi sayangnya ada pelanggaran sebelumnya, Tajikistan mulai berhasil mendekat ke gawang lawan. Namun demikian, justru Qatar yang berhasil unggul lebih dulu.

Pada menit ke-17, Qatar berhasil mencetak gol dan merubah kedudukan menjadi 0-1. Pemain berambut Kribo, Akram Afif,  sekali lagi menjadi penentu kemenangan timnya saat ia mencetak gol dengan cara yang luar biasa, berhadapan sendirian satu lawan satu dengan kiper Yatimov, ia berhasil  melesakkan bola masuk ke gawang setelah sebelumnya menerima assist dari Almoez Ali.

Tajikistan masih banyak melakukan serangan, namun keberuntungan belum berpihak pada mereka. Qatar lebih banyak menyerang melalui sayap, sayangnya tempo pertandingan mengalami penurunan setelah gol Afif. Babak pertama berakhir dengan Qatar unggul 1-0.

Kartu Merah di Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan Qatar menguasai permainan, mereka menciptakan ruang dan terlihat bahwa serangan mereka akan lebih gencar dibandingkan di babak pertama.

Tajikistan berusaha mengimbangi permainan, pertahanan mereka masih mapu meredam tekanan Qatar yang bermain lebih terorganisir dan mengendalikan bola di lini tengah.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Sempat terjadi keributan kecil di lapangan saat pemain dari kedua kubu terlibat adu mulut, namun wasit berhasil melerai mereka sebelum bertindak terlalu jauh.

Bukannya mencetak gol balasan, skuad tim nasional Tajikistan justru hars bermain dengan 10 pemain saja di 9 menit terakhir waktu normal. Setelah pemeriksaan VAR, Amadoni Kamolov mendapat kartu merah dan diusir wasit usai menendang dengan posisi kaki terlalu tinggi dan mengenai wajah pemain Qatar.

Hingga babak kedua berakhir, Tajikistan tidak mampu mencetak gol penyama kedudukan, skor akhir tetap tidak berubah 0-1. Gol dari Akram Afif pada babak pertama menjadi penentu kemenangan bagi Qatar dalam pertandingan ini.

Kemenangan ini menempatkankan Qatar di puncak klasemen Grup A Piala Asia 2024 dengan raihan 6 poin dari dua pertandingan yang telah mereka jalani. Sementara tim nasional Tajikistan di posisi ketiga, baru menorehkan satu poin, sama dengan Lebanon di posisi keempat.

  • Hasil Tajikistan vs Qatar skor akhir 0-1, Gol Akram Afif menit ke-17

Susunan Pemain Tajikistan vs Qatar

Timnas Tajikistan: Yatimov, Safarov, Dzhuraboev, Nazarov, Khanonov, Umarrayev, Shukurov, Panjshanbe, Kamalov, Dzhalillov and Soirov.

Timnas Qatar: Basham, Al Rawi, Salman, Lucas Mendes, Mohammed Waad, Gaber, Meshaal, Ahmed Fathy, Akram Afif, Almoez Ali and Ismaeel Mohammad.