Hasil Uni Emirat Arab vs Hong Kong Skor 3-1, Berkat Hadiah Dua Penalti Kontroversial!

Hasil pertandingan Piala Asia antara Uni Emirat Arab vs Hong Kong berakhir dengan skor 3-1 dalam laga matchday 1 Grup C yang digelar di Stadion Internasional Khalifa pada hari Minggu 14 Januari 2024.

Dua gol kemenangan Uni Emirat Arab dicetak oleh Sultan Adill Alamiri di menit ke-34 lewat titik penalti kemudian usai berhasil disamakan oleh Siu Kwan Chan di menit ke-49 oleh Hong Kong, Zayed Sultan tak lama kemudian di menit ke-52 berhasil mencetak gol. Dan penalti kedua yang dicetak oleh Yahya Al Ghassani mengunci kemenangan bagi tim tuan rumah.

Pertandingan ini menjadi momen bersejarah bagi Hong Kong, kembali ke babak final Piala Asia setelah 56 tahun sejak terakhir kali pada 1968.

Babak Pertama

Dalam 60 detik pertama Hong Kong tampil menggebrak, lemparan panjang Shinichi Chan mencapai Everton Camargo, yang mengarahkan bola ke arah kiper UEA Khalid Eisa.

Peluang pertama diperoleh Hong Kong saat Tan Chun-lok memenangkan duel dengan Tahnoon Hamdan di kotak dari kiri. Li Ngai-hoi cerdik membalikkan bola, dengan Fabio Lima siap menyundul bola.

Beberapa saat kemudian, Yue Tze-nam mendapat teguran dari wasit Muhammad Taqi karena menjegal pemain sayap Caio Canedo. Pesan dari wasit cukup jelas: “Satu pelanggaran lagi, dan Anda masuk buku catatan.”

Dan di menit ke-31, wasit memeriksa VAR untuk melihat apakah bek Hong Kong, Oliver Gerbig, melakukan handball. Meskipun kontroversial, keputusan diberikan dengan tangan Gerbig dianggap menyentuh bola dan menerima kartu kuning.

Sultan Adil, striker berusia 19 tahun yang menjadi eksekutor, berhasil mencetak gol dengan tenang dari titik penalti. Kiper Hong Kong, Yapp Hung-fai, gagal menyelamatkan. Skor 1-0 untuk UEA.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Di menit-menit akhir paruh pertama, UEA menunjukkan penampilan terbaik mereka sebelum jeda istirahat, sementara Hong Kong berusaha bertahan.

Babak Kedua

Hanya butuh empat menit usai pertandingan kembali dimulai di babak kedua, Hong Kong berhasil menyamakan kedudukan dengan gol dari Philip Chan Siu-kwan usai menerima umpan silang dari Everton Camargo.

Proses terjadinya gol ini berawal saat UEA melakukan tekanan, dan mereka berhasil memecah ke sisi kanan. Camargo memberikan umpan silang yang brilian, dan Chan mencetak gol dengan tendangan voli yang tak terbendung.

Namun, kegembiraan pendukung skuad Hong Kong tidak berlangsung lama. Zayed berhasil mencetak gol untuk memulihkan keunggulan UEA setelah penyelamatan gemilang dari kiper Hong Kong, Yap.

Sang Kiper melakukan penyelamatan spektakuler setelah serangan dilancarkan oleh Abdalla Ramadan dan Adil, tetapi Zayed memanfaatkan bola rebound untuk mencetak gol.

Pertandingan semakin panas, dan wasit memperingatkan Yue, sementara bek Hong Kong, Li Ngai-hoi, terlibat adu mulut dengan Sultan Adil setelah insiden di lapangan.

Dramatis di Masa Injury Time

Yahia menginjakkan kakinya di dalam kotak penalti dan Shinichi Chan kemudian melakukan sedikit kontak dengan pemain depan tersebut. Dan keputusan wasit kembali menguntungkan UEA dengan hadiah penalti kedua.

Yahia mengirim Yapp ke arah yang salah, dan hampir pasti mengunci kemenangan bagi Uni Emirat Arab usai mereka unggul 3-1.

Margin dua gol dan dua kali mendapat untung dari keputusan penalti, hanya dua menit tersisa, namun Hong Kong berjuang sampai akhir. Lima pemain ditumpuk di garis depan saat Yapp mengarahkan bola ke depan.

Pada menit 90+10, Udebuluzor baru saja mencetak gol. Dan seharusnya skor 3-2 kan yah! Sayangnya, VAR dilibatkan dan sebuah keputusan membatalkan gol Hong Kong. Bola mengenai tangan Udebuluzor dalam prosesnya. SKor akhir bertahan 3-1