Hasil Vietnam vs Indonesia Skor Akhir 0-1, Gol Penalti Asnawi Mangkualam Jadi Penentu

Gila BolaHasil pertandingan Piala Asia antara Vietnam vs Indonesia ditutup dengan skor akhir 0-1, satu-satunya gol di laga ini dicetak oleh Asnawi Mangkualam melalui titik penalti.

Pertandingan matchday kedua fase Grup D Piala Asia antara Vietnam melawan Timnas Indonesia ini digelar di Abdullah Bin Khalifah Stadium pada hari Jumat 19 Januari 2024.

Asnawi Mangkualam berhasil mencetak gol di menit ke-42 dari titik putih penalti dan meski sempat ditekan di babak kedua, Indonesia berhasil mempertahankan keunggulan hingga akhir pertandingan.

Babak Pertama Indonesia Memimpin 0-1

Skuad Garuda bermain lebih menekan dan tampak lebih agresif jika kita bandingkan dengan laga terakhir saat kalah melawan Irak di matchday pertama.

Dan dalam kurun waktu sepuluh menit pertama, Rafael Struick berhasil mendapatkan dua peluang untuk mencetak gol, sayangnya peluang pertama digagalkan oleh kiper Filip Nguyen sementara tembakan kedua Struick tak menemui sasaran.

Sementara itu skuad Vietnam masih berusaha mencari area lemah pertahanan Indonesia, namun penjagaan ketat membuat mereka kesulitan menembus pertahanan dan mendekati gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Pressing ketatĀ  membuat Vietnam sulit untuk membangun serangan mereka, dan seperti di laga-laga sebelumnya, lemparan bola ke dalam dari Pratama Arhan juga kerap menjadi ancaman bagi mereka.

Belum ada peluang yang mengancam meski Indonesia lebih mendominasi serangan, dan sebuah peluang skuad Garuda kembali digagalkan oleh kiper Filip Nguyen yang berhasil menepis bola hasil sundulan Sandy Walsh.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Dan sebuah malapateka menimpa Vietnam, wasit menunjuk titik putih penalti di menit ke-40 ketika Nguyen Thanh menarik Rafael Struick hingga terjatuh di dalam kotak penalti.

Asnawi Mangkualam maju untuk menjadi penendang penalti dan ia pun melepaskan tembakan keras, yang tak mampu diantisipasi oleh kiper Filip, Tim Nasional Indonesia memimpin dengan skor 0-1 hingga waktu turun minum.

Babak kedua Vietnam Mendominasi

Di babak kedua Vietnam tampil lebih mendominasi dan langsung menekan pertahanan skuad Indonesia.

Dua peluang emas dari Vietnam mengancam ketika Khuat Van Khang yang baru masuk berhasil menerobos masuk kotak penalti dan melepaskan tembakan keras, bola berhasil ditepis oleh kiper Ernando Ari.

Tak lama kemudian Van Khang kembali mengancam saat mendapatkan ruang untuk melepaskan tembakan, beruntung kali ini bola hanya menghantam sisi gawang Indonesia.

Witan Sulaeman masuk untuk menggantikan Asnawi Mangkualam, Shin Tae Yong kini memerintahkan anak buahnya untuk menggunakan formasi 4-4-2.

Hingga pertengahan babak kedua, Indonesia tampak kesulitan menghadapi tekanan Vietnam, yang semakin mendominasi penguasaan bola.

Pertandingan pun mulai berjalan panas dengan sejumlah pelanggaran yang terjadi hingga sejumlah pemain bergelimpangan kesakitan.

Namun meski terus ditekan, tim Indonesia justru nyaris menambah keunggulan mereka di menit ke-71 ketika Hokky Caraka yang baru masuk menggantikan Rafael Struik, menerima umpan terobosan di dalam kotak penalti. Sayangnya bek Vietnam berhasil lebih dulu menyapu bola sebelum sempat dihajar oleh Hokky.

Masuknya Hokky Caraka membuat jalannya pertandingan berubah, dan ia beberapa kali mendapatkan peluang emas di lima menit terakhir pertandingan. Tapi sayangnya Hokky kurang tajam di depan gawang Vietnam. Demikian juga dengan Marselino Ferdinan juga masih kurang beruntung.

Di masa injury time, Vietnam semakin lemah usai Le Phan Thanh Long menerima kartu merah membuat timnya hanya bermain dengan 10 orang usai menjegal Marselino yang sedang berlari kencang ke arah gawang Vietnam.

Dan hingga tambahan waktu berakhir, Indonesia berhasil mempertahankan keunggulan. Hasil Vietnam vs Indonesia ditutup dengan skor akhir 0-1.

Klasemen Grup D

Dengan hasil kemenangan ini, Indonesia kini menempati posisi ketiga klasemen sementara Grup D Piala Asia dengan raihan 3 poin, angka yang sama dengan milik Jepang di posisi kedua.

Klasemen Grup D Piala Asia - Matchday 2
Klasemen Grup D Piala Asia – Matchday 2

Vietnam sementara itu berada di posisi keempat masih tanpa poin usai di laga sebelumnya juga kalah dari Jepang di matchday pertama.

Sedangkan Irak berada di puncak dengan 6 poin setelah di laga kedua Irak mengalahkan Jepang dengan skor 2-1.

Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia

Timnas Vietnam (3-5-2): Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Vo Minh Trong, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Bui Hoang Vietn Anh; Nguyen Quang Hai, Nguyen Thai Son, Nguyen Tuan Anh; Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung.

Timnas Indonesia (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Pratama Arhan, Jordi Amat, Sandy Walsh, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Justin Hubner; Egy Maulana Vikri, Rafael Struick, Yakob Sayuri.