Hasil Irak vs Jepang Skor 2-1 di Piala Asia, Singa Mesopotamia Tampil Mengejutkan!

Gila Bola – Hasil Irak vs Jepang di laga kedua fase Grup D Piala Asia yang berlangsung di Education City Stadium, Jumat (19/1), berakhir dengan skor 2-1.

Ini menjadi kekalahan pertama Jepang dalam enam pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Dan, tentu saja, kekalahan ini sangat mengejutkan, karena skuad asuhan Hajime Moriyasu itu menjadi tim favorit juara dalam turnamen empat tahunan ini.

Jepang yang masuk lapangan dengan penuh kepercayaan diri dikejutkan dengan gol cepat Irak yang tercipta saat laga baru berjalan lima menit. Aymen Hussein sukses menyambar bola yang semula ditepis kiper Jepang, Zion Suzuki.

Aymen Hussein pula yang mencetak gol kedua Irak – juga dari dalam kotak penalti, pada menit 45+4, sesaat sebelum jeda turun minum.

Jepang sebenarnya punya banyak peluang, apalagi pelatih Moriyasu lakukan pergantian pemain di babak kedua. Namun, tak satupun peluang Jepang – yang di antaranya tercipta lewat aksi Ritsu Doan, Takumi Minamino dan Daizen Maeda, yang membuahkan hasil untuk skuad Samurai Biru.

Jepang benar-benar tak berkutik hadapi gempuran para pemain Irak, yang bahkan terus terjadi hingga menit-menit akhir.  Namun, Wataru Endo akhirnya berhasil memperkecil kekalahan Jepang menjadi 1-2 di masa injury 90+3.

Kemenangan ini sukses membawa Irak merajai klasemen Grup D dengan koleksi enam poin. Sedangkan Jepang, tertahan di urutan kedua dengan tiga poin.

Irak Cetak Gol Cepat!

Irak secara mengejutkan berhasil menjebol gawang Jepang ketika laga baru berjalan lima menit.

Lewat sundulan kepalanya, Aymen Hussein sukses memanfaatkan kesalahan kiper Jepang yang menepis bola di depan mulut gawangnya, tetapi bola langsung disambar Aymen dengan tandukannya dan tak terbendung. GOL! Irak unggul 1-0.

Jepang harusnya bisa samakan kedudukan di menit ke-17, tapi bola berhasil diamankan kiper Irak. Skuad asuhan Hajime Moriyasu kembali membangun serangan daru posisi sepak pojok di menit ke-22, tapi bicycle kick yang dilakukan Wataru Endo tak membuahkan hasil.

Gawang Jepang Kebobolan Lagi!

Alih-alih samakan kedudukan, gawang Jepang kembali kebobolan di menit 45+4. Aymen berhasil mencetak brace – kembali lewat sundulan kepalanya. GOL! Jepang tertinggal 0-2!

Skuad Moriyasu kembali punya peluang di akhir masa injury lewat posisi sepak pojok, tapi lagi-lagi upaya yang dilakukan Endo tak membuahkan hasil. Laga Irak vs Jepang di babak pertama pun ditutup dengan skor 2-0.

Tertinggal 0-2, Jepang tingkatkan permainan mereka di babak kedua. Beberapa peluang tercipta sejak menit-menit awal di babak ini, tepatnya di menit ke-51, saat Hiroki Ito lancarkan tendangan kaki kirinya, tetapi bola masih melebar.

Jepang Tampil Lebih Ngotot di Babak Kedua

Giliran Ko Itakura yang lancarkan sundulan tepat di tengah kotak penalti, tetapi bola berhasil diamankan Jalal Hassan.

Jepang mendesak penalti di menit ke-56 ketika tampak ada pelanggaran yang dilakukan Rebin terhadap Asano. Namun wasit yang berkonsultasi dengan VAR terlebih dulu, akhirnya memutuskan tak ada penalti dan laga pun dilanjutkan.

Jepang mendapat peluang gol dari posisi set-piece di menit ke-66, tetapi tendangan bebas yang dilancarkan Ritsu Doan hanya melambung! GAGAL!

Irak Gagal Clean Sheet, Jepang Balas Satu Gol

Semenit kemudian Irak nyaris menambah koleksi gol mereka lewat aksi Mohamed Ali, beruntung bagi Zion Suzuki, bola masih melebar dari gawangnya.

GOL!! Jepang akhirnya berhasil memperkecil kekalahan mereka di menit 90+3 saat Wataru Endo berhasil menyundul bola masuk gawang Irak. 1-2!

Jepang mati-matian berusaha mencetak gol penyama kedudukan di menit-menit akhir babak kedua. Mereka terus lancarkan gempurannya ke gawang Irak, tapi para pemain Irak pun terus waspada dan berhasil gagalkan sejumlah peluang gol Jepang hingga peluit panjang berbunyi.

Susunan Pemain Irak vs Jepang

  • Irak (4-2-3-1): Jalal Hassan; Hussein Ali Haidar, Suad Natiq, Rebin Sulaka, Ahmed Al-Hajjaj; Frans Putros, Amir Al-Ammari; Youssef Amyn, Ibraheem Bayesh, Ali Jassim; Aymen Hussein.
  • Jepang (4-2-3-1): Zion Suzuki; Hiroki Ito, Shogo Taniguchi, Ko Itakura, Yukinari Sugawara; Hidemasa Morita, Wataru Endo; Takumi Minamino, Takefusa Kubo, Junya Ito; Takuma Asano.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!