Irlandia Tahan Imbang Belgia Tanpa Gol, Evan Ferguson Gagal Eksekusi Penalti

Hasil Irlandia vs Belgia berakhir tanpa gol, Evan Ferguson gagal eksekusi penalti dalam pertandingan uji coba yang digelar Minggu (24/3) dinihari di Dublin.

Pemain Irlandia seperti Caoimhin Kelleher, Chiedozie Ogbene, dan Adam Idah, semuanya tampil dalam pertandingan melawan Belgia di stadion nasional.

Timnas Irlandia banyak membuang peluang di laga ini, salah satu peluang emas mereka adalah kegagalan tendangan penalti Evan Ferguson di pertengahan babak pertama.

John O’Shea pelatih baru Irlandia dan tim manajemennya, termasuk Brian Kerr, mengandalkan formasi 5-2-3 dengan memainkan Ogbene di lini depan bersama Ferguson dan pemain debutan Sammie Szmodics.

Ini adalah satu-satunya eksperimen dan Robbie Brady ditugaskan untuk bermain melebar bersama dengan Seamus Coleman yang berada di sisi yang berlawanan.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah nyaris membuka keunggulan hanya dalam waktu dua menit babak pertama dimulai, ketika Ferguson berhasil melewati Wout Faes dan memberikan umpan matang kepada Josh Cullen. Sang gelandang bekerja sama dengan Szmodics untuk mengirimkan umpan kepada Ogbene, namun tendangan sang pemain sayap membentur tiang gawang Belgia.

Belgia mencoba untuk menekan, dan mereka sering dibuat frustasi oleh kepiawaian Kelleher yang menjaga gawang Irlandia. Sang penjaga gawang tampil tenang yang juga dijaga oleh tiga pemain belakang yang terdiri dari Dara O’Shea, Andrew Omobamidele, dan Nathan Collins.

Tim berjuluk The Red Devils mendominasi penguasaan bola, dan mereka mendapatkan beberapa tendangan sudut di awal pertandingan, tapi tidak ada satupun yang merepotkan lini pertahanan Irlandia, yang digalang oleh Collins.

Permainan menjadi melambat setelah serangan Belgia, lalu tiba-tiba satu stadion menjadi riuh saat wasit menganggap tendangan Dara O’Shea mengenai tangan Faes di dalam kotak penalti. Penalti diberikan kepada Irlandia, tapi sayangnya eksekusi tendangan penalti Evan Ferguson berhasil ditepis oleh kiper Matz Sels, yang menebak dengan tepat dan menghentikan tendangan tersebut dengan tangan kirinya.

Skuad Belgia kemudian memasukkan Jeremy Doku, Thomas Meinier, dan Michy Batchuayi di babak kedua dan tampak perbedaan saat the Red Devils bermain dengan intensitas dan kecepatan yang lebih tinggi.

Semntara Irlandia mempertahankan bentuk permainan mereka, Ogbene nyaris memecah kebuntuan di menit ke-52. Aster Vranckx menjatuhkan sang pemain sayap, namun tendangan bebas Brady masih melebar.

Belgia terus melakukan perubahan dan mencoba hal-hal baru, sedangkan Irlandia terlihat puas untuk menjaga bentuk permainan mereka dan bermain dengan tingkat kedisiplinan yang sama dengan pertandingan kompetitif.

Kekompakan ini nyaris saja membuka keunggulan di menit ke-66 melalui Szmodics. Sang gelandang menerima umpan dari Smallbone, yang menerima bola dari Ogbene, dan tendangan sang gelandang berhasil diblok oleh lini belakang Belgia.

Belgia kemudian membalas serangan, dan sebuah umpan cepat memberikan ruang bagi Meinier untuk melepaskan tembakan. Tendangan kaki kanannya terlalu lemah namun masih bisa membuat Kelleher bekerja keras menghalau bola. Pertandingan tetap tanpa gol memasuki lima belas menit terakhir waktu normal.

Pada saat Belgia mengganti penjaga gawang mereka, tempo permainan mulai menurun dan kursi penonton mulai kosong di sekitar Aviva Stadium.

Susunan Pemain

Timnas Irlandia: Caoimhin Kelleher; Seamus Coleman, Dara O’Shea, Andrew Omobamidele, Josh Cullen, Will Smallbone, Evan Ferguson, Robbie Brady, Sammie Szmodics, Chiedozie Ogbene, Nathan Collins. Cadangan: Jason Knight for Ogbene (70); Adam Idah for Ferguson (70), Mikey Johnston for Szmodics (70), Matt Doherty for Brady (81).

Timnas Belgia: Matz Sels; Timothy Castagne, Wout Faes, Koni De Winter, Olivier Deman, Youri Tielemans, Arthur Vermeeren, Aster Vranckx, Johan Bakayoko, Loïs Openda, Leandro Trossard. Cadangan: Jeremy Doku for Trossard (h-t); Thomas Meinier for Castagne (HT), Michy Batchuayi for Tielemans (HT), Dodi Lukebakio for Bakayoko (63), Amadou Onana for De Winter (63), Thomas Kaminski for Sels (83).

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!