Gara-gara Tiang Gawang, Belanda Gilas Skotlandia Empat Gol Tanpa Balas

Timnas Belanda berhasil menang dengan skor 4-0 atas Skotlandia asuhan Steve Clarke, meski tim Tartan Army sebenarnya mendominasi penguasaan bola sepanjang pertandingan.

Sebuah gol dari gelandang AC Milan Tijjani Reijnders mengawali pesta gol timnas Belanda atas Skotlandia dalam pertandingan persahabatan internasional di Johan Cruijff Arena di Amsterdam pada Sabtu dinihari tadi, laga ini menjadi persiapan kedua tim untuk Piala Eropa yang akan digelar di musim panas nanti di Jerman.

Skotlandia babak belur karena gagal memanfaatkan peluang mereka untuk mencetak gol yang membuat mereka dihajar oleh timnas Belanda dengan skor akhir 4-0.

Gelandang AC Milan Tijjani Reijnders mencetak gol pertama yang juga merupakan satu-satunya peluang tuan rumah di babak pertama, setelah sebelumnya pemain Skotlandia Ryan Christie membuang peluang dengan tembakannya yang menghantam mistar gawang.

Skuad asuhan Steve Clarke sebenarnya tampak semakin kuat di babak kedua ketika sundulan Christie mengancam namun masih tipis melebar dan kemudian tembakan dari Lawrence Shankland juga hanya menggetarkan mistar gawang.

Namun, Skotlandia akhirnya kembali dihajar oleh ketajaman pemain Belanda dalam mencetak gol ketika Georginio Wijnaldum berhasil mengoyak jala gawang Skotlandia di 18 menit tersisa waktu normal.

Usai kedua belah kubu melakukan sejumlah perubahan, Belanda semakin beringas dan mencetak dua gol tambahan melalui Donyell Malen dan Wout Weghorst yang membuat pertandingan berakhir dengan skor 4-0.

Skotlandia Kalah Meski Unggul Penguasaan Bola

Timnas Skotlandia asuhan Steve Clarke belajar banyak dari kekalahan telak mereka di Amsterdam.

Namun, skor akhir ini sebenarnya tidak mencerminkan jalannya pertandingan karena sebenarnya Skotlandia mendominasi penguasaan bola dan sama-sama memiliki peluang emas terutama melalui peluang Christie dan Shankland, yang keduanya berakhir dengan hanya menggetarkan mistar gawang.

Setelah tertinggal satu gol melalui serangan Reijnders, Skotlandia juga mendapatkan peluang terbaik mereka, Scott McTominay juga nyaris mencetak gol.

Pemain Terbaik: Georginio Wijnaldum

Gol sundulan dari gelandang Belanda ini memastikan keunggulan skuad Oranye setelah berada di bawah tekanan tim tamu sepanjang babak pertama.

Mantan pemain Liverpool itu juga memainkan peran kunci di lini tengah melawan tim Skotlandia yang bermain sangat kompetitif di laga bertajuk pertandingan persahabatan ini.

Rating Pemain Belanda vs Skotlandia

Pemain Belanda: Flekken 7, Frimpong 7, Geertruida 6, Van Dijk 7, Ake 7, Wieffer 6, Wijnaldum 8, Reijnders 7, Simons 7, Depay 7, Gakpo 8. Subs: Blind 6, Dumfries 7, Koopmeiners 6, Malen 8, Veerman 7, Weghorst 7

Pemain Skotlandia: Gunn 8, Porteous 7, Hendry 6, Tierney 6, Patterson 7, Gilmour 7, McTominay 7, Robertson 7, McGinn 7, Christie 6, Shankland 6. Subs: Adams 6, Armstrong 6, Ferguson 6, McLean 6, Ralston 6, Souttar 6.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!