Jepang Juara Piala Asia U23! Menang Dramatis Lawan Uzbekistan Lewat Gol Telat!

Timnas Jepang juara Piala Asia U23 setelah secara dramatis mengalahkan Uzbekistan dengan skor 1-0 lewat gol telat di masa injury time yang dicetak oleh Fuki Yamada.

Uzbekistan Langsung Dominasi Pertandingan

Uzbekistan langsung tancap gas di awal babak pertama dengan dua peluang emas melalui Hosain Norchaev yang berhasil lolos dari penjagaan dan mengancam gawang Jepang yang dijaga oleh Kokubo.

Tekanan tinggi Uzbekistan membuat Jepang kesulitan mengembangkan permainan. Jaloliddinov, kapten Uzbekistan, mencoba peruntungannya dengan tendangan jarak jauh pada menit ke-12, namun bola berhasil ditangkap dengan baik oleh Kokubo.

Hingga menit ke-15, Jepang U-23 yang dimotori oleh strikernya Mao Hosoya belum mampu memberikan ancaman berarti ke gawang Uzbekistan.

Uzbekistan menunjukkan transisi menyerang dan bertahan yang cepat dan rapi. Tim Samurai Biru yang mengandalkan taktik serangan balik kesulitan menembus pertahanan rapat Uzbekistan yang dipimpin oleh Davronov dan Yuldoshev.

Jepang mulai bangkit dan bisa mengembangkan permainan mereka mulai menit ke-25 dengan memperlambat tempo.

Sama seperti di semifinal melawan Indonesia, pemain Uzbekistan kembali banyak melakukan drama di pertandingan ini. Jaloliddinov hampir saja mencetak gol pada menit ke-39. Tendangan spekulatifnya dari jarak jauh salah diantisipasi Kokubo dan membentur mistar gawang Jepang.

Jepang Raih Kemenangan Dramatis

Memasuki babak kedua, Jepang yang diasuh oleh Go Oiwa langsung bermain cepat untuk menekan pertahanan Uzbekistan.

Jepang langsung mendapatkan dua tendangan sudut di lima menit awal babak kedua. Kapten timnas Jepang U-23, Fujita, hampir saja mencetak gol ke gawang Uzbekistan pada menit ke-52, namun bola sepakannya berhasil ditangkap oleh kiper, Nematov.

Pertandingan final Piala Asia U-23 ini semakin seru karena tim Samurai Biru mulai berani menyerang dengan operan-operan cepat.

Perjuangan para pemain Samurai Biru akhirnya terbayarkan pada menit ke-90+1 saat Fuki Yamada berhasil memecah kebuntuan dengan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti, menjadi gol pertamanya di kompetisi Piala Asia U-23.

Uzbekistan mendapatkan hadiah penalti di injury time akibat handball pemain Jepang. Umarali Rahmonaliyev maju sebagai eksekutor, namun tendangannya berhasil ditepis kiper lawan.

Skor 1-0 bertahan hingga akhir pertandingan dan mengantarkan Jepang menjadi juara Piala Asia U-23 2024.

Ini merupakan gelar kedua Jepang di Piala Asia U-23. Keberhasilan pertama mereka diraih pada tahun 2016, juga di Qatar.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!