Timnas Indonesia U23 Hadapi Tantangan Berat di Playoff Olimpiade, Mampukah Kalahkan Guinea?

Gila Bola РTimnas Indonesia U23 akan bertemu Guinea di babak playoff Olimpiade 2024 pada hari Kamis (9/5) Рsebuah tim yang tak bisa dianggap enteng karena disebut-sebut punya kekuatan tiga kali Timnas Irak U23. 

Skuad Garuda Muda harus menang atas Guinea di babak ini, jika ingin berlaga di Olimpiade Paris yang akan digelar pada bulan Juli.

Nama Timnas Guinea memang agak jarang didengar di telinga kita, tapi siapa sangka tim asuhan Kaba Diawara itu punya peringkat 76 di daftar Ranking FIFA per bulan April 2024 – jauh di atas Indonesia yang berada di peringkat 134.

Indonesia sama sekali tak boleh memandang mereka sebelah  mata. Pasalnya, dari 27 pemain Timnas Guinea U23, 20 pemain di antaranya bermain di klub-klub asing, bahkan 16 dari mereka merumput di Eropa.

Adapun sejumlah pemain Timnas Guinea U23 yang bermain di Eropa di antaranya Selu Diallo (Deportivo Alaves), Algassime Bah (Olympiacos), Mohamad Soumah (KAA Gent), Madiou Keita (Auxerre B), Aguibou Camara (Atromitos Athen) dan Lassana Diakhaby (Valenciennes).

Guinea U32 Didukung Fisik dan Pengalaman

Selain itu mereka juga didukung fisik yang relatif jauh lebih tinggi dan besar dibandingkan anak-anak asuh Shin Tae-yong, yang tentunya harus benar-benar diwaspadai skuad Garuda Muda.

Di samping itu, sebagian besar pemain Timnas Guinea U23 merupakan pemain tim senior, yang tentunya sudah teruji dan unggul dari sisi pengalaman.

Para pemain Guinea U23 ini pula yang sempat membawa negara mereka melaju hingga ke perempat-final Piala Afrika tahun lalu, dan sempat menahan imbang Timnas Kamerun.

Serupa Timnas Indonesia, Guinea Peringkat Empat di Piala Afrika 2023

Diungkapkan situs Transfermarkt, para pemain Guinea U23 ini memiliki total nilai pasaran sebesar 133,4 miliar Rupiah.

Tim yang dijuluki Syli Nationale itu melaju ke babak playoff Olimpiade Paris usai menempati posisi ke empat Piala Afrika U23.

Awalnya mereka berada di urutan ke dua klasemen Grup A setelah menang atas Kongo dan raih hasil imbang kontra Ghana U23. Skuad asuhan Diawara itu berhak melaju ke semi-final karena unggul selisih gol atas Ghana yang kantongi poin sama.

Sama seperti skuad Garuda Muda, Guinea U23 juga menuai hasil buruk di semi-final Piala Afrika 2023, yakni kalah 0-1 dari Mesir, lalu kalah lagi dari Mali lewat drama adu penalti.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!