Kapten Virgil van Dijk Jadi Penyebab Belanda Kebobolan Duluan

Gila Bola – Kapten Virgil van Dijk malah menjadi penyebab hukuman penalti saat pertandingan baru berjalan tiga menit! Sebagai akibatnya timnas Belanda kebobolan duluan. Beruntung dua gol datang dari Cody Gakpo dan Wout Weghorst.

Fokus dari pertandingan Republik Irlandia vs Belanda pada Senin dinihari (11/9) itu adalah handball sang kapten Oranje, Van Dijk, yang terjadi saat pertandingan di Aviva Stadium ini baru saja dimulai tiga menit.

Itu merupakan sebuah situasi sepak pojok bagi tuan rumah dengan bek tengah Oranje tersebut maju untuk mencoba menyundul bola, tetapi si bundar malah menerpa tangan kirinya.

Wasit menunjuk titik putih dan Adam Idah asal Norwich City berhasil menipu kiper Mark Flekken guna membawa timnas berlambang daun semanggi itu unggul lebih dulu.

Dua Gol Balasan Oranje Datang Dari Gakpo dan Weghorst

Beruntung datang gol balasan. Satu kali juga dari titik penalti oleh Cody Gakpo, yang menyamakan skor 1-1 dan kemudian pemain pengganti Wout Weghorst mencetak gol kedua tim Oranje.

Di antara keduanya, mungkin Weghorst akan lebih gembira. Itu merupakan gol kedua beruntun dari sang pemain gagal Manchester United itu setelah golnya dalam kemenangan 3-0 kontra Yunani, tiga hari silam (7/9).

Gakpo juga mencetak gol dalam kemenangan atas Yunani sebelum ini, dan satu gol lagi tadi malam di Aviva Stadium dari titik penalti setelah Denzel Dumfries dijatuhkan oleh kiper Irlandia, Gavin Bazunu.

Sang pemain Liverpool itu kemudian terlibat satu pertikaian dengan Jason Knight, yang berujung kartu kuning bagi keduanya.

Hal itu sangat disayangkan karena sebenarnya Gakpo menjadi pemain terbaik dalam laga kualifikasi Euro 2024 di Dublin ini. Sang penyerang the Reds itu adalah pengirim umpan bagi Denzel Dumfries sebelum pemain Inter itu dijatuhkan kiper Bazunu di dalam kotak dan berujung sepakan penalti Gakpo menit 19.

Denzel Dumfries Lolos Dari Jebakan Offside

Anda bisa melihat momen ketika Frenkie De Jong mengirim pra-assist ke arah Denzel Dumfries yang berlari masuk, menggiring bola sampai ke ujung lapangan dan melepaskan umpan tarik sebagai assist yang diselesaikan Weghorst.

Itu sedikit mepet dengan offside, jika melihat posisi Dumfriez sejajar dengan pemain terakhir Republik Irlandia, tetapi wasit tidak mengambil keputusan apa pun soal tuduhan offside itu. Gol kedua Oranje itu sah, bertahan sampai akhir, dan memberi Belanda tiga poin!

Skuad Ronald Koeman kini menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup B kualifikasi Euro 2024 ini dengan nilai sama 9 bersama tim urutan ketiga, Yunani. Kedua tim berjarak enam poin di bawah Perancis yang memimpin klasemen dengan nilai 15.

Apa Selanjutnya Bagi Belanda dan Republik Irlandia?

Matchday kelima sangat penting bagi Oranje saat mereka menjamu Les Bleus di Johan Cruyff Arena di Amsterdam pada 13 Oktober 2023 nanti. Jika berhasil mengalahkan Kylian Mbappe dan rekan-rekannya maka itu akan memperbesar peluang Belanda lolos ke putaran akhir di Jerman.

Sementara itu Irlandia pada 13 Oktober mendatang akan menjamu Yunani yang pada Senin dinihari (11/9) ini baru saja menang besar atas tim paling lemah, Gibraltar.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!