Kroasia Lolos ke Final! Gol Bruno Petkovic dan Pelanggaran Cody Gakpo Jadi Penentu

Gila BolaBelanda unggul selama 54 menit lalu sebuah pelanggaran bodoh Cody Gakpo menarik tubuh Luka Modric berujung penalti Andrej Kramaric yang menyamakan skor, sebelum Kroasia memastikan diri lolos ke final UEFA Nations League 2023 melalui gol extra time Bruno Petkovic dan Luka Modric.

Pasukan Oranje dengan demikian dipastikan gagal dalam upayanya meraih trofi pertama mereka dalam 35 tahun sejak terakhir kalinya menjadi juara Eropa pada 1988. Sementara itu Kroasia yang paling tidak diunggulkan dari empat semifinalis UEFA Nations League, justru lolos ke final.

Final kompetisi ini akan berlangsung Senin 19 Juni dinihari dengan satu tim lagi akan ditentukan oleh semifinal Spanyol vs Italia yang akan berlangsung pada Jumat dinihari 16 Juni 2023.

Catatan Gol-gol Selama Laga Belanda vs Kroasia

Donyell Malen, penyerang Borussia Dortmund, membuka skor dengan golnya pada menit 34, sebagai hasil assist dari Mats Wieffer. Belanda berhasil menutup babak pertama dengan skor 1-0 dalam pertandingan yang digelar di Stadion De Kuip, Rotterdam, itu.

Namun sedikit perubahan pada strategi permainan tim yang dilakukan Zlatko Dalic menyebabkan Luka Modric mencuri bola dari kaki Cody Gakpo dan pemain Liverpool itu bereaksi dengan menarik tubuh sang gelandang Real Madrid, menjatuhkannya di dalam area penalti. Lihat adegan itu pada foto di atas.

Wasit menjatuhkan hukuman penalti dan Andrej Kramaric yang merupakan penyerang Hoffenheim itu kemudian berhasil menaklukkan kiper Justin Bijlow, menunggu penjaga gawang Feyenoord itu untuk bergerak lebih dulu sebelum mengarahkan bola ke bagian tengah gawang.

Pemain pengganti yang baru saja masuk menit 85, Noa Lang, secara dramatis menyamakan skor 2-2 saat pertandingan waktu reguler memasuki detik-detik terakhir, yang memaksa laga semifinal UEFA Nations League ini dilanjutkan ke extra time.

Bruno Petkovic Pahlawan Pada Laga-Laga Penting

Lalu terjadilah gol yang sangat menentukan itu pada menit 98 oleh Bruno Petkovic. Pemain Dinamo Zagreb ini merupakan spesialis momen-momen penting.

Ia juga adalah orang yang mencetak gol balasan Kroasia dalam hasil imbang 1-1 extra time melawan juara dunia lima kali, Brasil, pada Piala Dunia 2022 di Qatar. Laga itu kemudian dimenangkan tim papan catur ini melalui adu penalti.

Dan setelah skor berubah menjadi 2-3 bagi keunggulan Kroasia, Luka Modric memastikan skor 2-4 melalui titik penalti usai pelanggaran dari Tyrell Malacia. Sudah menit 116 sehingga sudah tidak ada waktu lagi bagi Belanda untuk membalaskan dua gol itu.

Kekalahan Kedua Ronald Koeman Usai Ambil Alih Oranje 

Kekalahan di tangan Kroasia pada semifinal UEFA Nations League ini merupakan kali kedua Ronald Koeman menderita kekalahan, usai mengambil alih tim Oranje dari tangan Louis Van Gaal setelah Piala Dunia 2022.

Sebelum ini Belanda dihabisi dengan skor 4-0 oleh timnas Perancis pada kualifikasi Euro 2024. Semua ini bukan pertanda baik untuk bekas pelatih Barcelona dan Everton itu.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!