Kroasia vs Spanyol di Final UEFA Nations League 2023, Usai La Roja Kalahkan Italia

Gila Bola – Masuk menit 84, pemain Espanyol ini mencetak gol pada menit 88 dan meloloskan timnas Spanyol ke final UEFA Nations League guna menghadapi Kroasia. Peluang terbaik La Roja memenangkan piala setelah Euro 2012.

Pertandingan semifinal Spanyol vs Italia pada Jumat dinihari (16/6) ini seolah-olah ditakdirkan akan berlanjut ke extra time, setelah skor terjaga 1-1 sampai dengan menit 88.

Namun Joselu sang pemain Espanyol yang baru saja masuk guna menggantikan kapten tim Alvaro Morata, menyambar bola muntah dari jarak dekat untuk mengubah papan skor menjadi 2-1 bagi keunggulan pasukan Luis de la Fuente.

Pemain Debutan Beri Penalti Bagi Italia

Pertandingan semifinal UEFA Nations League ini berlangsung sangat seru dengan kedua tim silih berganti melakukan serangan. Total ada 19 percobaan gol dari sisi La Roja, delapan dari pihak Azzurri.

Selama 90 menit permainan di Belanda ini, ada tujuh serangan on target dari anak-anak de la Fuente, tiga saja dari sisi Roberto Mancini. Skor akhir 2-1 bagi keunggulan Spanyol.

Yeremy Pino membuka skor saat pertandingan baru berusia tiga menit sebelum Ciro Immobile membalaskannya selang tujuh menit kemudian dari titik putih setelah pelanggaran oleh pemain debutan Robin Le Normand, menyentuh bola di dalam kotak.

Spanyol Maupun Italia Lakukan Lima Pergantian Pemain

Mancini selaku pelatih Azzurri terlihat lebih panik dalam melakukan pergantian pemain, menarik keluar dua Leonardo pada awal paruh kedua, Leonardo Spinazzola dan Leonardo Bonucci. Mereka digantikan Federico Dimarco dan Matteo Darmian.

Setelah itu selang 15 menit kemudian giliran Federico Chiesa dan Bryan Cristante masuk guna mengisi posisi dari Ciro Immobile dan Jorginho.

Pergantian terakhir adalah masuknya Marco Verratti guna mengisi posisi Davide Frattesi. Namun tidak ada gol tambahan, sebelum Joselu menjebol gawang Donnarumma jelang akhir.

Sudah Dua Kali Beruntun Spanyol Ungguli Italia

Skor yang sama persis 2-1 terjadi pada pertemuan terkini kedua negara ini, yang juga terjadi di ajang UEFA Nations League pada Oktober 2021 di Stadio Giuseppe Meazza di kota Milan. Sama juga, waktu itu kemenangan diraih oleh La Roja atas tuan rumah Azzurri.

Dua gol dari Ferran Torres selama babak pertama laga semifinal kompetisi yang sama tahun 2021 itu hanya berhasil dibalaskan satu kali oleh Lorenzo Pellegrini menit 83, berujung lolosnya Spanyol ke partai puncak sebelum mereka dikalahkan Perancis.

Kali ini La Roja lolos dari jebakan Italia di semifinal dan akan menghadapi Kroasia di partai final UEFA Nations League 2023. Luka Modric dan rekan-rekannya adalah tim yang paling tidak berpengalaman untuk putaran akhir kompetisi ini, namun mereka sudah membuat kejutan dengan mengalahkan Belanda.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!