Liverpool Diprediksi Ketemu Tetangga Klub yang Mereka Kalahkan 7-1 Musim Lalu

Gila Bola – Masih ingat foto di atas? Liverpool dengan bantuan tiga gol Mohamed Salah mengalahkan tim baju biru itu 7-1 dan 2-0 musim 2022/23 lalu? Menurut simulasi, Reds akan kebagian tetangga si baju biru itu untuk kompetisi musim ini. Sementara itu Brighton akan ketemu lawan-lawan sulit.

Hasil simulasi meramalkan Liverpool akan satu grup dengan klub asal Skotlandia, Aberdeen, untuk tahap penyisihan grup Liga Europa musim 2023/24. Drawing tahap ini akan dilakukan hari Jumat 1 September 2023 petang hari.

Aberdeen merupakan tim asal Skotlandia, sama seperti Rangers Glasgow yang dikalahkan oleh Liverpool dua kali dengan skor 7-1 dan 2-0 pada penyisihan grup Liga Champions musim kemarin.

Selain Aberdeen, Reds diramalkan satu grup juga dengan SC Freiburg asal Bundesliga dan Olympiacos. Klub Yunani itu belum sepenuhnya lolos karena masih akan menjalani leg kedua play-off melawan FK Čukarički, sebuah klub asal Serbia. Namun skor agregat 3-1 bagi keunggulan Olympiacos dari leg pertama sepertinya sulit untuk dibalikkan.

Bagaimana Simulasi Liga Europa Untuk West Ham?

Pasukan David Moyes itu hanya menduduki urutan 14 klasemen Liga Inggris akhir musim lalu. Bagaimana bisa mereka lolos ke Liga Europa musim ini? Itu karena mereka menjadi juara edisi 2023 dari kompetisi kasta ketiga, Conference League.

Menurut hasil simulasi, West Ham akan satu grup dengan Rennes asal Perancis, Slovan Bratislava asal Slovakia dan AEK Athens dari Yunani. Ketiganya di atas kertas relatif lebih mudah daripada lawan-lawan Brighton. Coba lihat.

Siapa Saja Calon Lawan Brighton di Tahap Grup?

Nasib lebih sulit akan dihadapi oleh Brighton. Skuad Roberto De Zerbi itu disimulasikan akan bertemu dengan bekas juara Liga Europa 2021 Villarreal di tahap grup. Penghuni lain dari kelompok mereka adalah Sporting Lisbon asal Portugal dan klub papan atas Serbia, Backa Tapola.

Brighton merupakan tim kejutan di Liga Inggris musim 2022/23 dan lolos ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah the Seagulls sejak pendiriannya pada awal abad lalu, tahun 1901. Itu sudah 122 tahun silam.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Namun satu grup dengan Sporting Lisbon dan Villarreal akan menjadi ujian terberat Roberto De Zerbi. Jika berhasil lolos ke tahap sistem gugur maka itu merupakan keajaiban.

Bagaimana Simulasi Lainnya Untuk Liga Europa?

Semifinalis 2019 Ajax Amsterdam diramalkan akan satu grup dengan LASK Austria, Union Saint-Gilloise dari Belgia dan Toulouse Perancis.

Sementara itu Dinamo Zagreb akan satu kelompok dengan Marseille, Sheriff Tiraspol dan Sturm Graz.

AS Roma, yang gagal di final Liga Europa 2023 setelah dikalahkan Sevilla, akan memperebutkan dua jatah lolos dalam grup yang terdiri dari Real Betis, Molde dan Servette.

Satu dari dua grup lain adalah Bayer Leverkusen, Slavia Prague, Maccabi Haifa dan Panathinaikos. Sementara grup terakhir terdiri dari Atalanta, PSV, Qarabag dan Rakow Czestochowa, sebuah klub asal Polandia yang baru saja lolos ke Eropa pertama kalinya.