Mancini Gembira, Arab Saudi Ungguli Oman Untuk Laga Pertama Piala Asia

Gila Bola – Robert Mancini jantungan menghadapi awal kompetisi Piala Asia AFC setelah tim asuhannya Arab Saudi menang dengan susah payah atas Oman pada laga yang usai Rabu dinihari (17/1).

Arab Saudi menaklukkan tetangganya negara sesama Timur Tengah, Oman, dengan skor akhir 2-1 pada pertandingan perdana kedua tim di Grup F Piala Asia, menyebabkan skuad Mancini mengisi urutan kedua Grup F.

Thailand, yang beberapa jam lalu menang 3-1 atas Kirgistan, menempati posisi paling atas Grup F.

Arab Saudi Miliki Peringkat FIFA di Atas Oman

Hasil imbang jelas tidak diinginkan oleh tim Elang Arab itu. Peringkat mereka dalam daftar FIFA, 61, berada cukup jauh di atas Oman, 79.

Namun tim hijau dengan cepat dikejutkan oleh gol Salaah Al Yahyaei saat pertandingan belum lagi memasuki menit ke-14.

Hanya berselisih beberapa menit sebelum peluit panjang berbunyi, barulah al-‘Akhḍar berhasil menyamakan kedudukan berkat gol balasan dari Abdulrahman Ghareeb. Pencetak gol Arab Saudi ini adalah rekan satu tim Cristiano Ronaldo di Al-Nassr. Posisinya seorang gelandang.

Dan enam menit setelah masa injury time, barulah gol yang memastikan kemenangan dilesakkan oleh Ali Al Bulayhi, bek Al-Hilal di Liga Arab Saudi. Skor akhir 2-1 bagi kemenangan Elang Hijau.

Posisi Klasemen Grup F Piala Asia AFC

Seperti tadi sudah disebut, Thailand di urutan pertama dengan nilai tiga, usai menang 3-1 atas Kirgistan beberapa jam lalu pada Selasa malam (16/1).

Arab Saudi di posisi dua klasemen Grup F ini dengan nilai sama, tiga poin. Namun memiliki selisih gol lebih sedikit 2:1. Oman di urutan ketiga dan Kirgistan posisi empat.

Roberto Mancini adalah bekas pelatih timnas Italia, yang memutuskan meninggalkan posisinya untuk mengambil tawaran timnas Elang Hijau ini pada bulan Agustus 2023.

Arab Saudi Pernah Menjadi Juara Piala Asia Tiga Kali

Perlu sedikit respect membicarakan tim hijau ini karena mereka adalah juara dari kompetisi Piala Asia ini sebanyak tiga kali dalam sejarah.

Arab Saudi meraih trofi juara pada kesempatan 1984 di Singapura, 1988 di Qatar, dan 1996 saat turnamen dilangsungkan di Uni Emirat Arab.

Namun setelah itu mereka hanya meraih posisi runner-up dua kali lagi, pada tahun 2000 saat dilangsungkan di Libanon dan tahun 2007 ketika dilakukan secara bersama di empat negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kemudian tersingkir di tahap grup saat Piala Asia 2011 dan 2015, sebelum mencapai tahap 16 besar turnamen pada 2019 di UAE lagi.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!