Mengapa Skotlandia Begitu Gembira Lolos ke Piala Eropa 2024?

Gila Bola – Skotlandia terlihat begitu gembira lolos ke putaran final Piala Eropa 2024. Terlalu gembira malahan. Memangnya apa istimewanya kelolosan mereka ke Jerman tahun depan itu?

Kepastian tim biru ini lolos ke putaran final turnamen itu ditentukan bukan oleh mereka sendiri, tetapi oleh kemenangan skuad Spanyol 0-1 pada laga tandangnya di Ullevall Stadion tadi malam.

Kemenangan itu membuat Erling Haaland dan rekan-rekannya tidak akan bisa melampaui Skotlandia dengan nilai 15 di klasemen Grup A.

Norwegia dengan koleksi nilai 10 dan sisa satu pertandingan, yang akan berlangsung di Hampden Park Glasgow pada 20 November nanti, sudah tidak mungkin mengejar perolehan poin Tentara Tartar.

Mengapa Ada Kegembiraan Besar di Skotlandia?

Karena ini baru merupakan kelolosan keempat mereka ke Piala Eropa setelah 1992 di Swedia dan 1996 di Inggris, serta keikutsertaan kedua kali berturut-turut setelah Euro 2020 yang diselenggarakan di beberapa kota Eropa pada 2021.

Performa mereka di ajang Piala Dunia malah lebih baik. Sudah lolos delapan kali sepanjang sejarah, tapi keikutsertaan terakhir terjadi pada 1998. Dan seluruh delapan partisipasi di Copa del Mundo itu berakhir di tahap penyisihan grup. Tidak lebih.

Tiga kali lolos ke Euro juga seluruhnya berakhir di tahap grup turnamen. Namun cara skuad Steve Clark lolos kali ini, menghidupkan harapan bahwa mereka bisa melaju jauh di Jerman.

Mereka menang lima kali dan hanya kalah satu, terakhir kali 2-0 di Seville melawan pasukan Alvaro Morata, guna meraih 15 poin yang sudah cukup untuk menempati dua posisi teratas klasemen Grup A.

Jejak Kemenangan Skotlandia di Grup A

Andy Robertson dan rekan-rekannya kalah 2-0 terakhir kali di La Cartuja Seville Spanyol, sebuah laga tandang. Namun sebelum itu mereka secara berturut-turut berhasil dua kali menang atas Siprus, serta masing-masing satu kali atas Spanyol, Norwegia, dan Georgia.

Kemenangan kandang dengan skor 3-0 atas Siprus terjadi Maret 2023, disusul kemenangan di Hampden Park Glasgow dengan skor 2-0 atas tim asuhan Luis de la Fuente, sebelum menang lagi 1-2 di Norwegia pada Juni 2023.

Setelah itu Scott McTominay dan rekan-rekannya masih menang lagi atas Georgia pada 20 Juni 2023, dan dilanjutkan dengan kemenangan tiga gol di AEK Arena pada pekan pertama September 2023.

Pasukan Steve Clarke ini memiliki 12 gol memasukkan dan tiga kebobolan yang menyebabkan mereka menempati urutan kedua Grup A setelah head to head kontra La Roja sama kuat, menang 2-0 dan kalah 2-0.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!