Nasib Buruk Inggris, Belgia dan Portugal Saat Drawing Euro 2024

Gilabola.com – Drawing Euro 2024 putaran final akan dilangsungkan pada 2 Desember 2023 di Hamburg. Catat tanggalnya. Namun sebuah hasil simulasi sudah memperlihatkan nasib buruk yang akan menunggu Inggris, Belgia dan Portugal.

Perubahan aturan menyebabkan sistem unggulan di Piala Eropa 2024 ditetapkan berdasarkan hasil kualifikasi, bukan ranking FIFA, dan bukan pula status apakah ia juara bertahan atau bukan, atau sebab-sebab lainnya.

Itulah sebabnya kita akan merasa aneh ada nama Belanda dan Kroasia di Pot 3, serta Italia yang merupakan juara bertahan Euro 2020 (yang dilangsungkan tahun 2021) masuk ke Pot 4 atau pot terakhir.

Siapa Calon Lawan Inggris di Euro 2024?

Menurut sebuah hasil simulasi, Inggris akan satu grup dengan Turki dari Pot 2, sesama negeri kelahiran sepak bola Skotlandia di Pot 3 dan Italia sang juara bertahan Euro dari Pot 4.

Ini merupakan mimpi buruk karena Skotlandia tampil sangat bagus selama kualifikasi dan bisa mengancam posisi si Tiga Singa. Demikian juga Turki yang merupakan juara Grup D, serta Italia yang merupakan sang juara bertahan.

Turki kalah 0-2 dari Kroasia, namun berbalik menang atas skuad Luka Modric itu di kandang lawan 0-1, selain mengalahkan Wales satu kali dan imbang satu kali.

Skotlandia mengejutkan seluruh dunia setelah mengalahkan Spanyol 2-0 pada matchday kedua Grup A, sebelum pasukan Luis de la Fuente membalaskan dengan skor sama pada matchday kelima.

Simulasi Calon Rival Satu Grup Belgia 

Romelu Lukaku dan rekan-rekannya diprediksi akan tergabung satu grup bersama Hungaria, Kroasia dan Swiss.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Sementara Swiss merupakan runner-up dengan koleksi nilai paling rendah di antara semua tim urutan kedua grup, hanya 11 poin, dan Hungaria tidak pernah dianggap sebagai pesaing serius meskipun menjadi juara Grup G, maka Kroasia merupakan tim yang tidak bisa dianggap remeh.

Luka Modric dan rekan-rekannya merupakan runner-up Piala Dunia 2018 di Rusia dan dua kali menempati posisi ketiga, yaitu pada Piala Dunia 1998 dan 2022. Jadi, DNA juara ada di dalam darah para pemainnya.

Portugal Akan Kebagian Belanda

Skuad Ronald Koeman terlihat kurang meyakinkan di awal kualifikasi, kalah 4-0 melawan Perancis. Namun pada akhirnya mereka lolos sebagai tim urutan kedua di bawah Les Bleus di Grup B.

De Oranje bisa menjadi ganjalan bagi Cristiano Ronaldo dan rekan-rekannya, saat mereka menemukan diri satu grup dengan Austria dan pemenang Play off B UEFA Nations League yang belum bisa diketahui saat ini.