Nasib Pemain Bintang yang Tolak Membela Inggris, Tak Satu Pun Jadi Juara

Gila Bola – Inilah daftar sederetan pemain yang diberi kesempatan membela timnas Inggris, tapi menolak peluang itu. Coba lihat nasib mereka sekarang. Tak satu pun meraih kejayaan internasional, meski sejujurnya, tim Tiga Singa pun juga nggak sih.

Inggris sebenarnya berpeluang memiliki banyak pemain bintang. Satu di antaranya figur yang ada pada foto di atas. Erling Haaland. Kedua orang tuanya memang orang Norwegia, tetapi dia dilahirkan di Leeds, saat ayahnya membela klub itu. Jadi, Haaland berhak membela the Three Lions.

Sekarang coba lihat  tim asuhan Ståle Solbakken itu ada di mana? Urutan ketiga Grup A kualifikasi Euro 2024, belum pasti lolos ke putaran final turnamen itu tahun depan di Jerman.

Hanya tiga kali sepanjang sejarah skuad asal Skandinavia itu pernah lolos ke turnamen internasional. Dua kali ke Piala Dunia, terhenti di babak penyisihan grup tahun 1994 di Amerika Serikat dan melaju sampai ke babak 16 besar 1998 di Perancis.

Di ajang Piala Eropa hanya satu kali mereka lolos ke tahap putaran final, yakni tahun 2000 saat diselenggarakan bersama di Belgia dan Belanda. Sejauh apa? Berhenti di tahap grup.

Musiala, Giggs, Reyna, Zaha Juga Tolak Membela Timnas Inggris

Legenda Manchester United Ryan Giggs juga salah satu contoh pemain yang menolak membela timnas Inggris. Giggs dilahirkan di Cardiff dengan ayah dan ibunya orang Wales.

Giggs kecil kemudian pergi ke Salford untuk sekolah di sana dan sempat menjadi kapten tim yunior Inggris yang satu kali mengalahkan Wales 4-0. Tapi sejak saat itu ia menolak membela Tiga Singa dan memulai debutnya bagi Wales pada 1991.

Jamal Musiala yang kini terkenal saat membela jersey Bayern Munchen juga punya kesempatan membela Inggris karena meskipun ia dilahirkan di Stuttgart, Jerman, tapi dibesarkan dan bersekolah di Inggris.

Jamal dalam satu kesempatan mengatakan, ia memilih tim nasional yang akan memberikan lebih banyak kesempatan untuk tampil, dan itu adalah Die Mannschaft.

Wilfried Zaha adalah nama lain yang mengalihkan kesetiaannya dari tempat kelahirannya ke negara leluhurnya, Pantai Gading. Padahal ia sempat satu kali membela tim Tiga Singa pada sebuah laga persahabatan di Swedia tahun 2012.

Giovanni Reyna dilahirkan di Sunderland pada 2002 saat ayahnya Claudio Reyna bermain di sana sehingga ia berhak mewakili Inggris. Namun fakta bahwa ayahnya merupakan kapten timnas Amerika Serikat, USMNT, membuat peluang itu mengecil.

Sejumlah nama lain yang menolak kesempatan membela kejayaan Inggris adalah Wes Morgan, Adnan Januzaj, Louis Saha, Simone Perotta dan Victor Moses.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!