Italia, Denmark, Ukraina Menang, Serta Kepastian Lolos ke Euro 2024

Gila Bola – Dua gol Domenico Berardi serta satu gol lain dari Giacomo Bonaventura, selain gol jelang penutupan dari Davide Frattesi membawa kemenangan Italia 4-0 atas Malta pada lanjutan kualifikasi Euro 2024, Minggu dinihari (15/10). Timnas lain yang juga menang tadi malam adalah Ukraina, Hungaria, Slovenia dan Denmark.

Apakah kemenangan Gli Azzurri tersebut sudah memastikan kelolosan mereka ke putaran final turnamen yang akan dilangsungkan 2024 di Jerman? Belum. Italia baru mengumpulkan 10 poin, selisih tiga poin di bawah pemimpin Grup C Inggris.

Jumlah 10 poin itu sama banyaknya dengan Ukraina yang beberapa jam sebelumnya menang atas Makedonia Utara.

Hasil Pertandingan Italia vs Malta

Italia menang atas Malta dengan keunggulan luar biasa sepanjang 90 menit laga di Stadio San Nicola, Bari, dengan tuan rumah menguasai bola sampai dengan 66 persen, melepaskan 16 percobaan gol dan empat serangan tepat sasaran. Hebatnya, empat serangan itu seluruhnya menjadi gol.

Penyerang Sassuolo, Berardi, melesakkan gol-golnya pada masa injury time babak pertama serta pertengahan paruh kedua. Sedangkan gelandang Fiorentina, Bonaventura, mencatatkan golnya pada menit 23. Satu gol dari pemain Inter Frattesi terjadi menit keempat injury time.

Sebaliknya tim tamu yang sudah dipastikan tersingkir itu memiliki hanya dua upaya gol, tanpa satu kali pun membuat kiper Gianluigi Donnarumma berkeringat.

Hasil Pertandingan Ukraina vs Makedonia Utara

Beberapa jam sebelumnya, Sabtu malam (14/10), Ukraina yang memilih kandangnya di Prague menang dengan dua gol atas tamunya Makedonia Utara.

Dua gol disarangkan oleh gelandang Shakhtar Donetsk Georgiy Sudakov serta gelandang Dynamo Kyiv Oleksandr Karavaev. Bek Arsenal Oleksandr Zinchenko memberi assist untuk gol pertama negaranya.

Hasil Pertandingan Denmark vs Kazakhstan

Kemenangan Christian Eriksen dan rekan-rekannya dengan skor 3-1 sekaligus menenggelamkan Kazakhstan ke posisi keempat klasemen Grup H dengan nilai 12, sama banyak dengan Finlandia yang beberapa jam sebelumnya juga kalah 3-0 di Slovenia.

Denmark menyarangkan gol pertama melalui penyerang Wolfsburg Jonas Wind dan dua gol sisanya melalui Robert Skov, pemain depan Hoffenheim. Sedangkan dua bintang Manchester United, Rasmus Hojlund dan Eriksen, berjasa dengan assist-assistnya.

Tim arahan Kasper Hjulmand itu menempati posisi kedua klasemen dengan poin 16, sama banyak dengan perolehan timnas Slovenia. Kedua tim sama-sama belum bisa memastikan kelolosan ke Jerman tahun depan karena masih ada tiga laga lagi tersisa untuk semua peserta Grup H.

Demikian juga Hungaria yang menang 2-1 atas tetangganya Serbia belum bisa memastikan kelolosan mereka ke putaran akhir. Nilai Hungaria 13 di puncak Grup G, terpaut tiga saja di atas Serbia (10), dan lima di atas Montenegro (8) dengan tiga dan dua pertandingan masih tersisa.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!