Nggak Ada Ronaldo, Portugal 5-2 Swedia, Ada Ronaldo, Portugal Kalah 2-0 dari Slovenia

Gila Bola – Mungkin benar kata Joao Cancelo, timnas Portugal tidak lagi bergantung pada Cristiano Ronaldo, yang sudah habis masa jayanya, dan justru keberadaan penyerang itu malah menjadi beban bagi tim.

Kembalinya Cristiano Ronaldo ke skuad justru membuat timnas Portugal harus menelan kekalahan 2-0 yang mengejutkan dari timnas Slovenia dalam persiapan mereka menuju Euro 2024 mendatang.

Padahal, ketika pemain berjuluk CR7 itu tidak bermain di laga sebelumnya, dengan No.7 kemudian dikenakan oleh Bruma, pasukan Roberto Martinez berhasil tampil luar biasa melawan timnas Swedia.

Di laga tersebut, Selecao das Quinas menang dengan skor telak 5-2 dengan Bruma ikut menyumbang gol, sementara empat gol lain datang dari Rafael Leao, Matheus Nunes, Bruno Fernandes, dan Goncalo Ramos.

Sekarang, ketika Cristiano Ronaldo akhirnya kembali ke skuad dan masuk ke starting XI, kinerja timnas Portugal sebagai sebuah tim malah menurun, kalah 2-0 dari timnas Slovenia pada Rabu (27/3) dini hari WIB.

Di laga itu, Roberto Martinez menurunkan formasi 3-4-2-1, dengan Ronaldo bermain sebagai penyerang tengah yang disokong Joao Felix dan Otavinho sebagai dua gelandang serang.

Namun, mungkin juga faktor karena absennya para gelandang kreatif seperti Bruno Fernandes dan Bernardo Silva, juga absennya Joao Palhinha, membuat timnas Portugal jadi kurang greget.

Sebenarnya secara statistik, Selecao das Quinas lebih dominan, menguasai 65 persen penguasaan bola, tapi kalah efektivitas serangan dengan perbandingan tendangan ke gawang (8-10) dan tembakan tepat sasaran (4-2).

Kekalahan ini hanya akan semakin membenarkan perkataan Joao Cancelo baru-baru ini tentang Cristiano Ronaldo, bahwa penyerang Al-Nassr itu sudah melewati masa jayanya dan timnas Portugal tidak lagi bergantung padanya.

Bahkan legenda timnas Perancis, Frank Leboeuf, meyakini bahwa timnas Portugal bisa juara Euro 2024 jika mereka tidak memainkan Ronaldo. Kalau menurutmu bagaimana, apakah Ronaldo sekarang benar-benar hanya jadi beban tim bagi timnas Portugal?

Slovenia XI : Oblak; Karnicnik, Blazic, Bijol, Janza; Stojanovic, Cerin, Elsnik, Lovric; Sporar, Sesko
Cadangan : Stankovic, Verbic, Celar, Drkusic, Balkovec, Belec, Kurtic, Horvat, Vekic, Mlakar, Zugelj, Brekalo, Vipotnic

Portugal XI : Costa; Inacio, Pereira, Pepe; Cancelo, Vitinha, Ruben Neves, Dalot; Felix, Otavinho; Ronaldo
Cadangan : Patricio, Antonio Silva, Jota, Francisco Conceicao, Leite, Dany Mota, Jose Sa, Joao Mario, Bruma, Mendes

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!