Pemain Muda Yang Siap Curi Panggung di Piala Eropa 2024

Jelang gelaran kompetisi Piala Eropa 2024, sejumlah pelatih tim nasional di Eropa mulai melakukan elsperimen dengan memasukkan sejumlah pemain muda ke dalam skuad mereka.

Kali ini kami akan bedah siapa saja yang mendapat panggilan tugas negara dari tim-tim besar yang bersaing dalam turnamen Piala Eropa, termasuk para pemain muda mereka.

Timnas Inggris

Gareth Southgate terus melakukan eksperimen dan mencoba pemain-pemain baru meskipun sebagian besar starting XI-nya sudah terbentuk.

Bek tengah Jarrad Branthwaite dan Ezri Konsa, berada dalam skuad ini bersama pemain sayap Newcastle, Anthony Gordon.

Southgate juga memanggil kembali striker Brentford, Ivan Toney setelah hukumannya berakhir, yang berarti ada persaingan untuk Ollie Watkins yang sedang dalam performa bagus sebagai cadangan untuk Harry Kane di lini depan.

Tidak masuknya nama Ben White tidak mengejutkan mengingat dia tidak pernah dilibatkan dalam skuat Timnas Inggris sejak Piala Dunia 2022.

Raheem Sterling juga tidak terlibat sejak Piala Dunia Qatar dan tampaknya karirnya di timnas Inggris mungkin sudah berakhir.

Jika ada nama yang tak masuk dan benar-benar mengejutkan, itu adalah Kalvin Phillips, pemain yang sangat dipercaya oleh Southgate, yang pindah ke West Ham United untuk mendapatkan lebih banyak waktu bermain, namun performanya di sana belum cukup bagus untuk masuk ke dalam skuad tim nasional.

Timnas Perancis

Tidak ada kejutan besar di Timnas Perancis. Hanya perdebatan soal siapa yang akan menggantikan Kingsley Coman yang cedera yang menjadi perhatian.

Pemain sayap Bayern Munchen itu absen karena cedera dan manajer Didier Deschamps akhirnya memilih pemain sayap Aston Villa, Moussa Diaby sebagai penggantinya. Penampilan terakhirnya untuk Timnas Perancis adalah pada Maret 2023 melawan Republik Irlandia.

Adrien Rabiot kembali masuk skuad meskipun cedera kaki membuatnya absen selama beberapa minggu terakhir. Ibrahima Konate dari Liverpool juga kembali ke skuad, di depan Axel Disasi dari Chelsea dan Jean-Clair Todibo dari Nice.

Pemain sayap Paris Saint-Germain, Bradley Barcola, bersaing dengan Diaby untuk posisi Coman, terutama dengan Christopher Nkunku juga cedera di Chelsea.

N’Golo Kante yang kini bersam Al Ittihad tidak masuk skuad, sementara Jordan Veretout dan Matteo Guendouzi tetap tak masuk dan Warren Zaire-Emery tetap berada di skuad. Untuk posisi bek kanan, Jonathan Clauss dan Jules Kounde tetap dipercaya oleh Deschamps.

Timnas Spanyol

Nama baru yang paling menarik perhatian adalah Pau Cubarsi, bek tengah Barcelona yang baru berusia 17 tahun, mendapat panggilan senior pertamanya. Cubarsi tenang dalam penguasaan bola, cepat melintasi lapangan, dan agresif dalam bertahan. Dia dinobatkan sebagai man of the match dalam debut Liga Championsnya melawan Napoli pekan lalu, tetapi sebenarnya ia masih sangat awal baginya untuk bermain sepak bola internasional, dengan hanya 12 penampilan di tim utama Barca.

Tidak ada kejutan besar lainnya di Timnas Spanyol. Ketidakhadiran gelandang Real Madrid, Brahim Diaz, sudah diduga sebelumnya, mengingat dia telah beralih kewarganegaraan ke Maroko beberapa hari sebelumnya.

Gerard Moreno dari Villarreal, Pedro Porro dari Tottenham, dan Pablo Sarabia dari Wolves telah dipanggil kembali setelah setahun absen.

Bek tengah tetap menjadi isu terbesar. Dani Vivian dari Athletic Bilbao, yang berusia 24 tahun, juga mendapat panggilan senior pertamanya, sementara Aymeric Laporte tetap dipertahankan meskipun sekarang bermain di Arab Saudi.

Timnas Jerman

Timnas Jerman paling banyak kejutan, Gelandang Bayern Munchen berusia 19 tahun, Aleksandar Pavlovic, masuk untuk pertama kalinya, penyerang Hoffenheim Max Beier, yang telah mencetak 12 gol Bundesliga musim ini, dipromosikan dari tim U-21, dan mantan bek Leeds United, Robin Koch, kembali setelah absen tiga tahun.

Deniz Undav, Waldemar Anton, dan Max Mittelstadt yang tampil luar biasa bersama Stuttgart juga masuk. Pemain pinjaman Brighton, Deniz Undav, mungkin sudah dikenal, sementara Anton dan Mittelstadt mungkin kurang dikenal banyak orang.

Anton adalah bek tengah terbaru yang ditugaskan untuk membuat Jerman lebih kokoh dan Mittelstadt adalah bek kiri yang menjadi bagian dari skuad Hertha Berlin musim lalu. Dibeli musim panas lalu dan telah menjadi sayap kiri yang kuat bagi skuad Stuttgart.

Jan-Niklas Beste benar-benar pantas untuk masuk daftar skuad Jerman. Jika dia bermain, dia akan menjadi pemain internasional Jerman pertama dalam sejarah Heidenheim.

Niclas Fullkrug adalah satu-satunya pemain Borussia Dortmund di skuad sedangkan Leon Goretzka dari Bayern Munchen tidak masuk. Robin Gosens juga tak masuk, ia menjadi korban dari buruknya Union Berlin musim ini.

Manajer Julian Nagelsmann masih jauh dari kata puas untuk skuadnya. Ia masih berusaha menciptakan keseimbangan dan keunggulan pada timnya.

Timnas Portugal

Ada beberapa kejutan di Timnas Portugal. Yang pertama adalah Francisco Conceicao, anak dari manajer Porto Sergio Conceicao. Pemain sayap mungil ini merupakan pemain reguler untuk tim muda Portugal tetapi ini adalah pertama kalinya pemain berusia 21 tahun ini dipanggil ke tim senior.

Kemudian ada Jota Silva, seorang penyerang cepat yang tampil baik untuk Vitoria Guimaraes musim ini. Fakta bahwa dia belum pernah bermain untuk salah satu dari tiga klub besar negaranya seperti Porto, Benfica, Sporting Lisbon, bahkan di level pemuda, membuat pemain berusia 24 tahun ini dianggap sebagai kejutan.

Sementara Cristiano Ronaldo, yang berusia 39 tahun dan bermain di Liga Arab Saudi, tentu masih menjadi kapten.

Roberto Martinez memilih 32 pemain untuk pertandingan melawan Swedia dan Slovenia, jadi hampir semua pemain yang fit bisa dimainkan.

Namun, ada tiga nama yang absen karena cedera: striker Liverpool Diogo Jota masih absen, begitu pula Ricardo Horta dari Braga dan Raphael Guerreiro pemain Bayern Munchen, keduanya telah menjadi pemain reguler dalam skuad selama setahun terakhir. Sedangkan Bruma dan Francisco Trincao, memiliki kesempatan untuk masuk dalam skuad, meskipun kemungkinan mereka masuk ke sebagai starter sangat kecil.

Timnas Belgia

Pelatih Domenico Tedesco hanya memilih satu pemain baru yaitu Koni De Winter, pemain berusia 21 tahun, yang telah bermain sebagai bek tengah, bek kanan, bek kiri, dan gelandang bertahan untuk Genoa. Tedesco juga memilih pemain berusia 19 tahun, Arthur Vermeeren yang kesulitan mendapatkan waktu bermain di Atletico Madrid.

Sementara Kevin De Bruyne, pemain terbaik Belgia itu kali ini absen. Gelandang Manchester City itu sedang mengatasi cedera ringan pangkal paha, sehingga Tedesco mengeluarkannya sebagai tindakan pencegahan.

Pemain lain yang absen adalah Yannick Carrasco dan Alexis Saelemaekers — yang terakhir ini agak mengejutkan, mengingat performanya di Bologna yang sedang bersinar.

Federasi Sepak Bola Belgia juga menjelajahi kemungkinan memasukkan nama kiper Roma Mile Svilar, tapi satu laga Svilar bersama timnas Serbia berarti Belgia terhalang oleh regulasi.

Thibaut Courtois masih bermasalah dengan cedera lututnya. Dan tanpa Svilar, Koen Casteels dari Wolfsburg adalah penjaga gawang yang tersisa.

Tedesco juga mengeluarkan nama Carrasco, Axel Witsel, dan Toby Alderweireld.

Tedesco masih mempercayakan timnya untuk diisi dengan generasi emas Belgia dengan lebih meilih pengalaman Thomas Meunier daripada bek kanan Alessio Castro-Montes yang sedang dalam performa bagus dari Union Saint-Gilloise, dan tetap mempertahankan Romelu Lukaku dan Jan Vertonghen untuk bergabung bersama beberapa talenta muda yang cerah.

Salah satu sifat yang tampaknya sangat dihargai oleh Tedesco adalah keandalan. De Winter, Charles De Ketelaere, dan Olivier Deman bisa bermain dalam beberapa posisi, mencerminkan pendekatan pelatihan Tedesco seperti saat ia memegang kendali RB Leipzig.

Timnas Belanda

Georginio Wijnaldum dan Marco Bizot masuk kembali ke skuad timnas Belanda setelah sempat absen dalam beberapa waktu. kiper Bizot, yang baru mencatatkan satu penampilan internasional, dipilih berdasarkan performanya untuk klub Ligue 1, Brest.

Manajer Ronald Koeman saat ini tidak memasukkan nama kiper Feyenoord, Justin Bijlow, karena cedera betis. Masih belum ada kepastian sia yang akan gantikan Bijlow.

Sementara itu, rekan seklub Bijlow, Quinten Timber, akan bergabung dengan skuad Belgia untuk pertama kalinya. Gelandang berusia 22 tahun ini telah menjadi andalan Feyenoord selama dua musim terakhir.

Joshua Zirkzee dimasukkan dalam skuad untuk pertama kalinya pada awal Maret, seperti Timber. Namun, penyerang Bologna berusia 22 tahun itu menderita cedera hamstring saat melawan Inter Milan. Frenkie de Jong dari Barcelona juga masih cedera.

Masuknya Memphis Depay setelah hampir setahun absen karena cedera juga menunjukkan bahwa dia akan menjadi sosok penting dalam tim jika fit dan tersedia.

Timnas Italia

Luciano Spalletti baru menjabat kurang dari setahun sehingga dia menetapkan skuad yang sedikit lebih banyak, total 28 pemain. Penyerang Udinese Lorenzo Lucca dan wing-back Torino Raoul Bellanova juga sudah tidak asing bermain dengan Coverciano, ini juga adalah kali pertama bagi Michael Folorunsho masuk ke timnas Italia.

Ciro Immobile masuk dalam skuad perdana Spalletti pada bulan September lalu tetapi tidak bermain sejak itu dan kali ini tidak masuk dalam skuad. Gianluca Scamacca telah dipersiapkan sebagai penggantinya tetapi penyerang Atalanta itu akhirnya absen juga dari skuad. Riccardo Calafiori dan Giovanni Fabbian dari Bologna, seharusnya juga layak mendapat kesempatan dengan skuad senior tetapi mereka akan tetap bermain bersama tim U-21.

Spalletti masih mencari striker. Selain Lucca, dia masih melihat penyerang Genoa kelahiran Argentina, Mateo Retegui. Spalletti bisa bereksperimen dengan sistem tanpa striker, yang berhasil baik dalam dua periode kepelatihannya di Roma. Sementara itu, cedera Achilles Domenico Berardi merupakan pukulan besar, terutama dengan Federico Chiesa bermain kurang sering di Juventus.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!