Pembagian Pot Undian Euro 2024 Diumumkan, Lucunya, Juara Bertahan Berada di Pot 4!

Gilabola.com – Juara bertahan timnas Italia hanya berada di pot 4, atau negara yang paling tidak diunggulkan jelang drawing babak fase grup Euro 2024 mendatang di Jerman.

Seperti yang telah kami beritakan sebelumnya di situs ini bahwa 21 dari 24 tiket untuk putaran final Euro 2024 sudah bertuan, satu untuk tuan rumah dan 20 lainnya dari 20 negara yang finis di dua posisi teratas di 10 grup babak kualifikasi.

Tujuh pertandingan yang digelar pada Rabu (22/11) dini hari tadi adalah pertandingan penutup dan terakhir babak kualifikasi, dengan 20 tiket yang tersedia sudah habis dan selesai diperebutkan.

Sekarang, seperti yang diumumkan di situs resmi Euro 2024, pembagian pot untuk undian babak fase grup Kejuaraan Eropa tahun depan sudah diumumkan, dengan tuan rumah timnas Jerman dipastikan akan ada di pot 1.

Pot 1, yang juga bisa disebut sebagai pot unggulan, bermaterikan nama besar lainnya seperti timnas Portugal yang lolos dengan nilai sempuna, timnas Prancis yang hampir sempurna, serta ada timnas Spanyol, timnas Belgia, dan timnas Inggris.

Di Pot 2 ada timnas Hungaria (juara Grup G), timnas Turki (juara Grup D), timnas Rumania (juara Grup I), timnas Denmark (juara Grup H), timnas Albania (juara Grup E), dan timnas Austria (runner up Grup F).

Kemudian di Pot 3 ada timnas Belanda (runner up Grup B), timnas Skotlandia (runner up Grup A), timnas Kroasia (runner up Grup D), timnas Slovenia (runner up Grup H), timnas Slowakia (runner up Grup J), dan timnas Ceko (runner up Grup E).

Di pot non-unggulan atau Pot 4 ada sang juara bertahan turnamen timnas Italia (runner up Grup C) serta dua negara yang cukup mentereng yaitu timnas Serbia (runner up Grup G) dan timnas Swiss (runner up Grup I).

Timnas Italia sebagai juara bertahan hanya berada di pot 4 usai babak kualifikasi yang buruk.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Tiga negara lainnya di Pot 4 ini baru akan ditentukan dari hasil play-off yang sudah hampir lengkap tinggal menunggu tiga negara lainnya yang akan bersaing di enam pertandingan babak play-off.

Jadwal play-off yang sudah dikonfirmasi adalah timnas Polandia vs timnas Estonia, timnas Yunani vs timnas Kazakhstan, dan timnas Georgia vs timnas Luksemburg. Semua akan digelar pada 21 Maret 2024 mendatang.

Sementara tiga laga lainnya adalah pertandingan yang akan melibatkan timnas Wales, timnas Bosnia dan Herzegovina, dan timnas Israel, yang semua masih menunggu lawan mereka di babak play-off ini.