SAH! 21 Negara Sudah Pastikan Tempat di Euro 2024, Tiga Lainnya Lewat Jalur Play-Off

Gilabola.com – Berakhir sudah babak kualifikasi Euro 2024 dengan tujuh pertandingan yang digelar pada dini hari tadi adalah pertandingan terakhir untuk perebutan tiket ke Jerman tahun depan.

Dengan berakhirnya babak kualifikasi, maka 20 tiket yang tersedia melalui babak ini sudah sold out yang berarti sudah ada 21 negara yang memastikan tempat mereka di Euro 2024, dengan tiga tiket tersisa akan diperebutkan lewat play-off.

Negara pertama yang sudah memastikan tempat pastinya adalah tuan rumah timnas Jerman, yang baru saja kalah dengan skor 2-0 dari timnas Austria di laga persahabatan di mana mereka bermain dengan 10 pemain usai kartu merah Leroy Sane.

Kemudian 20 tiket lainnya diberikan kepada 20 tim yang menduduki dua teratas klasemen dari 10 grup kualifikasi, dengan timnas Spanyol dan timnas Skotlandia mewakili Grup A.

Kemudian dari Grup B, ada timnas Prancis yang gagal memuncaki klasemen dengan poin sempurna usai hasil imbang melawan timnas Yunani di laga terakhir, disusul timnas Belanda di posisi kedua.

Dua finalis Euro edisi sebelumnya mewakili grup C dengan timnas Inggris menjadi juara grup dan disusul timnas Italia, yang baru memastikan lolos usai hasil imbang melawan timnas Ukraina di laga terakhir.

Di Grup D, timnas Wales harus menerima patah hati karena gagal lolos, di mana mereka gagal bersaing melawan timnas Turki dan timnas Kroasia yang berhak mewakili grup ini ke Jerman.

Grup E, timnas Polandia yang tidak perlu bersaing dengan negara-negara raksasa tetap saja gagal lolos ke Euro 2024 karena mereka kalah bersaing melawan negara selevel timnas Albania dan timnas Ceko.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Grup termudah lainnya ada di Grup G di mana Dominik Szoboszlai berhasil membawa timnas Hungaria memuncaki klasemen grup mereka, disusul timnas Serbia di urutan kedua.

Timnas Denmark yang di jeda internasional ini tanpa Rasmus Hojlund dan Christian Eriksen tetap bisa berakhir di puncak Grup H dengan poin yang sama dengan timnas Slovenia, yang lolos pertama kali sejak 16 tahun, atau kedua kalinya dalam sejarah mereka.

Kemudian di Grup I ada timnas Rumania yang mengakhiri babak kualifikasi dengan rekor tanpa kekalahan dan memenangi duel kunci melawan timnas Swiss di laga terakhir dengan skor 1-0.

Bisa dibilang bahwa timnas Portugal adalah yang paling gagah lolos ke Jerman 2024 setelah sapu bersih semua 10 pertandingan mereka di Grup J, dengan timnas Slowakia menjadi pendamping mereka.