Penjelasan Mengapa 1 Poin Cukup Bagi Inggris Untuk Lolos ke Euro 2024

Gila Bola – Inilah penjelasan mengapa satu poin nanti malam saat mereka menjamu Italia sudah cukup bagi timnas Inggris untuk memastikan kelolosan ke Piala Eropa 2024 di Jerman.

Posisi saat ini adalah Inggris di puncak Grup C dengan 13 poin, Italia dan Ukraina posisi kedua dan ketiga dengan 10 poin masing-masing. Di bawah mereka ada Makedonia Utara dengan 7 poin dan Malta nihil poin di urutan terbawah.

Satu poin bagi pasukan Gareth Southgate saat menghadapi skuad Luciano Spalletti di Wembley Stadium pada Rabu dinihari (18/10) akan cukup untuk memastikan satu tiket di putaran final Euro 2024.

Tetapi bagaimana itu bisa terjadi? Bukankah jika diasumsikan laga Inggris vs Italia usai imbang maka satu poin bagi tim Tiga Singa akan memberi mereka 14 poin total dengan dua laga tersisa? Sementara di bawah mereka ada Gli Azzurri 11 poin, juga dengan dua laga tersisa.

Sedangkan pada urutan ketiga ada Ukraina yang pada laga jam sama Rabu dinihari diasumsikan akan menang atas tuan rumah Malta, yang sejauh ini belum pernah meraih satu poin pun dan menempati posisi terakhir dengan nihil poin. Itu berarti Oleksandr Zinchenko dan rekan-rekannya akan meraih 13 poin. Jadi bagaimana bisa Inggris pasti aman?!

Ukraina dan Italia Akan Saling Menjatuhkan Pada Matchday Terakhir 

Kunci dari jawaban mengapa Inggris akan lolos dengan hanya satu poin terletak pada fakta bahwa Ukraina akan menjamu Italia pada hari terakhir kualifikasi Euro 2024 ini, 20 November mendatang di BayArena di Leverkusen, kandang sementara mereka.

Tidak mungkin dong pada laga terakhir Grup C itu, baik Ukraina dan Italia sama-sama meraih tiga poin! Salah satu akan kalah, nihil poin dan kalau imbang pun, kedua tim hanya akan mendapatkan satu poin masing-masing.

Ayo, kita asumsikan siapa di antara keduanya yang akan menang? Italia? Berarti Gli Azzurri akan menang dua kali lagi setelah imbang kontra Jude Bellingham dan rekan-rekannya nanti malam. Yakni ketika menjamu Makedonia Utara pada 17 November, plus menang lagi di kandang Ukraina pada 20 November.

Dua kemenangan dan satu imbang berarti ada tambahan nilai 7, yang akan memberi skuad Luciano Spalletti itu 17 poin. Betul?

Ukraina berarti kehilangan tiga poin. Ya, kan tadi kita asumsikan mereka kalah di tangan Azzurri saat kedua tim bertemu 20 November nanti. Lalu lawan Malta nanti malam, kita asumsikan menang? Berarti hanya tiga poin dan total 13 poin saja.

Apa artinya itu? Inggris sudah pasti lolos karena sudah memiliki 14 poin sebagai hasil dari laga imbang kontra Nicolo Barella dan rekan-rekannya nanti malam, dan belum lagi memperhitungkan dua laga sisa, yaitu menjamu Malta dan kemudian tandang ke Makedonia Utara.

Jika laga kontra Malta diasumsikan akan berakhir tiga poin dan lawan Makedonia Utara diasumsikan hanya satu poin maka Tiga Singa akan memiliki 18 poin total di akhir kualifikasi.

Italia 17 poin, Inggris 18 poin, maka the Three Lions sudah pasti lolos. Ukraina di posisi ketiga dengan 13 poin saja.

Skenario Jika Inggris Mengalahkan Italia Nanti Malam

Jika Inggris mengungguli Italia maka sudah pasti Harry Maguire dan rekan-rekannya akan menjadi juara Grup C. Karena itu berarti tiga poin nanti malam kontra Azzurri, plus tiga poin lagi kontra Malta dan satu poin kita asumsikan tadi di atas melawan Makedonia Utara. Ada tambahan 7 poin dan berarti total 20 poin bagi Inggris di akhir kualifikasi.

Inggris memiliki 20 poin berarti Gianluigi Donnarumma dan rekan-rekannya tidak akan mampu melewati Inggris. Katakanlah Azzurri menang dua kali lagi dari dua laga sisa melawan Makedonia dan setelah itu kontra Ukraina maka maksimal ada tambahan 6 poin dan 16 poin total di akhir musim. Sudah paham, belum?

Bagaimana Skenario Jika Ukraina Menang Dua Kali?

Jika Ukraina menang atas Italia pada hari terakhir dan skuad Zinchenko diasumsikan menang pula di Malta nanti malam maka 6 poin tambahan dan itu berarti 16 poin total. Di saat yang sama Azzurri akan kehilangan tiga poin dari kemungkinan 9 poin total.

Inggris 14 poin setelah imbang kontra Italia dan kemudian menang 3 poin atas Malta dan seri di Makedonia maka total nilainya 17 poin.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!