Piala Dunia 2026 Masih Tiga Tahun Lagi, Mengapa Kualifikasi Conmebol Dimulai Sekarang?

Gila Bola – Kualifikasi Piala Dunia 2026 wilayah Amerika Selatan akan dimulai. Argentina akan menghadapi Ekuador, misalnya. Event Piala Dunia itu sendiri kan masih tiga tahun lagi, mengapa kualifikasi zona Conmebol sudah dimulai sejak sekarang?

Itu karena kualifikasi dari zona Amerika Selatan ini pakai model saling berhadapan, kandang dan tandang. Istilahnya round-robin. Dengan 10 negara terlibat di kawasan ini maka akan ada 9×2 pertandingan seluruhnya, atau 18 pertemuan.

Jika diasumsikan setiap jeda internasional berisi dua pertandingan maka dibutuhkan sembilan kali international break. Sebagai contoh, untuk Piala Dunia 2022 di Qatar, kualifikasi wilayah Amerika Latin ini sudah dimulai sejak Maret 2020 dan berakhir pada November 2021.

Untuk Kualifikasi 2026, Dimulai September 2023, Berakhir Kapan?

Menurut jadwal yang sudah diumumkan, kualifikasi Piala Dunia 2026 wilayah Conmebol ini akan dimulai sejak September 2023 dengan dua matchday pada tanggal 7-8 dan tanggal 12.

Setelah itu dilanjutkan dengan matchday ketiga dan keempat pada pertengahan Oktober 2023, lalu pekan kelima dan keenam pada November 2023.

Lalu laga-laga kualifikasi akan libur selama kira-kira satu tahun dan baru akan dilanjutkan pada September-November 2024 untuk matchday ketujuh sampai ke-12.

Jeda sejenak, pekan 13 dan 14 akan berlangsung pada Maret 2025, disusul pekan 15 dan 16 terjadi Juni 2025 dan akhirnya dua matchday terakhir akan berlangsung September 2025.

Argentina Tim Terkuat Peserta Kualifikasi Amerika Selatan Ini

Selaku juara dunia, Lionel Messi dan rekan-rekannya menduduki posisi paling atas dari tim terkuat Amerika Selatan. Mereka menduduki urutan satu dari daftar ranking FIFA.

Posisi kedua zona Conmebol mungkin Anda sudah bisa tebak, Brasil. Mereka menduduki urutan ketiga dunia dalam daftar ranking FIFA.

Skuad ini berisi nama-nama seperti Neymar, Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli, Gabriel Magalhaes, Joelinton, Casemiro, Bruno Guimaraes. Ada satu nama yang baru saja dicoret, Antony Manchester United, karena kasus penganiayaan yang dilakukan terhadap pacarnya.

Urutan ketiga adalah, bisa tebak? Uruguay. Posisi 16 dunia, lalu disusul Kolombia 17 dunia. Peru menduduki urutan 21 dalam daftar ranking FIFA.

Sisanya Chile 32, Ekuador yang menjadi calon lawan Argentina merupakan tim posisi 40 dunia, lalu Paraguay 49, Venezuela 57 dan Bolivia 83.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!