Portugal Miliki 21 Gol, Tapi Ronaldo Cuma 5 Gol, Sisanya Siapa yang Curi?

Gila Bola – Portugal merupakan tim paling produktif di tahap kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan 21 gol, tetapi hanya lima merupakan jasa Cristiano Ronaldo. Sisa 16 gol siapa yang curi? Ramai-ramai dicuri oleh pemain lain dan dibagi rata.

Dari semua tim di tahap kualifikasi ini, Portugal terlihat menonjol karena memiliki 21 gol atas nama mereka di Grup J. Tidak salah jika kita menyangka bahwa CR7 merupakan penyumbang terbanyak.

Namun pemain Al-Nassr tersebut ternyata hanya memiliki lima gol atas namanya, yang menyebabkan ia hanya menduduki ranking ketiga di seantero kualifikasi ini bersama-sama Harry Kane Inggris dan Zeki Amdouni Swiss yang juga memiliki lima gol.

Romelu Lukaku dengan delapan gol memuncaki daftar top skor tahap kualifikasi sejauh ini, selain dua pemain Manchester United, yakni Rasmus Hojlund Denmark dan Scott McTominay di urutan berikutnya dengan enam gol masing-masing.

Siapa Saja Pencetak Gol Portugal? 

Ronaldo merupakan top skor tim nasional dengan lima gol, namun tidak jauh di bawahnya ada Bruno Fernandes dengan koleksi empat gol. Lalu disusul rekannya sesama tim asal kota Manchester, Bernardo Silva tiga gol.

Dalam deretan dua gol masing-masing ada nama-nama terkenal lainnya seperti Joao Felix, Goncalo Inacio, Diogo Jota dan Goncalo Ramos. Lalu terdapat pula beberapa nama dengan koleksi satu gol, yakni Joao Cancelo, Ricardo Horta, Rafael Leao dan Otavio.

CR7 melesakkan dua gol dalam kemenangan 4-0 atas Liechtenstein pada matchday pertama yang berlangsung di Estádio José Alvalade di Lisbon pada 23 Maret 2023 lalu.

Sang bekas pemain Real Madrid dan Manchester United itu kemudian mencatatkan dua gol lagi saat mereka menang 0-6 di Luksemburg, selang tiga hari kemudian. Masih belum cukup, Ronaldo menyumbangkan satu gol dalam kemenangan 0-1 di Islandia pada 20 Juni.

Tak Ada Negara Lain Mencetak Gol Sebanyak Portugal

Untuk bisa memahami seberapa produktifnya tim arahan Roberto Martinez ini maka kita harus membuat perbandingan dengan grup-grup kualifikasi lainnya.

Skotlandia dan Spanyol 12 dan 16 gol memasukkan masing-masing di Grup A, namun grup ini hanya terdiri dari lima peserta. Perancis 11 gol, Belanda 8 gol di Grup B, juga dengan lima negara di dalamnya. Inggris memiliki 16 gol atas nama mereka di Grup C, yang juga terdiri dari lima tim.

Selain itu juga 9 gol Kroasia dan 8 gol Turki dari Grup D, yang juga berisi lima tim. Lalu kita meloncat ke Grup F yang berisi Belgia 13 gol, Austria 12 gol dan Swedia tim aneh yang memiliki 11 gol memasukkan dan 8 gol kebobolan.

Slovenia, Denmark dan Finlandia masing-masing memiliki 13, 12 dan 11 gol memasukkan masing-masing di Grup H, serta Swiss 17 gol di Grup I dan akhirnya Portugal di Grup J dengan 21 gol memasukkan. Perbedaannya adalah, untuk tiga grup yang disebut terakhir ini masing-masing terdiri dari enam tim.

Portugal akan merasa sangat tertolong satu grup dengan tim lemah Liechtenstein yang gawangnya dijadikan lumbung gol tim-tim lain dan sudah 19 kali kebobolan. Di sini juga ada tim aneh lainnya, Luksemburg. Sudah kemasukan 16 gol, tetapi menempati urutan ketiga klasemen Grup J setelah mencatatkan tiga kali kemenangan. Memasukkan tujuh gol, kebobolan 16, poin 9!

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!