Prediksi Piala FA: Brighton Harus Bisa Ulang Kemenangan Atas The Black Cats Tahun Lalu

Gila BolaPrediksi Stoke City vs Brighton. Brighton akan melakukan perjalanan tandang ke Stadion Britannia untuk pertandingan putaran ketiga Piala FA mereka melawan Stoke City pada Sabtu (6/1) malam WIB.

Keduanya sudah pernah bertemu tahun lalu, juga di Piala FA, di mana saat itu Brighton menang dengan skor tipis 0-1 berkat gol tunggal yang dicetak Evan Ferguson menit ke-30.

Sebelum itu, pertemuan terakhir mereka adalah pada 2018, yang berakhir imbang 1-1, dan itu pula menjadi tahun terakhir The Potters di Premier League di mana mereka terdegradasi ke divisi Championship.

Sejak itu Stoke City tak pernah bisa bangkit untuk kembali ke Premier League, dan tampaknya harapan itu juga jauh dari terwujud musim ini karena mereka masih berada di posisi ke-19 di Championship setelah 26 pertandingan.

Brighton, sementara itu, promosi ke Premier League setahun sebelum Stoke City terdegradasi, dengan dua pertemuan mereka di musim 2017/2018 berakhir imbang.

Sejak itu The Seagulls telah berkembang menjadi kekuatan yang diperhitungkan di Premier League, dari era Graham Potter yang sekarang dilanjutkan Roberto de Zerbi, membawa mereka lolos ke sepak bola Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Sementara di Piala FA, Brighton tak punya jejak tradisi yang bisa mereka banggakan karena hanya sekali saja mereka tampil di final pada 1983, itupun berakhir dengan kekalahan telak 4-0 dari Manchester United di laga replay usai imbang 2-2.

Prestasi serupa juga dimiliki Stoke City, di mana mereka sekali mencapai babak final Piala FA yang terjadi pada 2011 lalu di mana mereka kalah dengan skor 1-0 dari Manchester City.

Head to Head Stoke City vs Brighton

  • 30 April 2006, Brighton dan Hove Albion 1-5 Stoke City (Championship)
  • 19 Februari 2011, Stoke City 3-0 Brighton dan Hove Albion (Piala FA)
  • 20 November 2017, Brighton dan Hove Albion 2-2 Stoke City (Premier League)
  • 10 Februari 2018, Stoke City 1-1 Brighton dan Hove Albion (Premier League)
  • 28 Februari 2023, Stoke City 0-1 Brighton dan Hove Albion (Piala FA)

Prediksi Stoke City vs Brighton

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Brighton menang 0-1 di pertemuan terbaru mereka pada Februari 2023 lalu di Piala FA, kemenangan pertama mereka melawan Stoke City sejak terakhir kali pada 2001, di mana mereka selanjutnya kalah tujuh kali dari sembilan pertemuan.

Stoke City akan datang ke pertandingan ini dengan modal yang bagus di mana mereka tak terkalahkan di enam pertandingan terbaru mereka, meski lima di antaranya hanya berakhir dengan skor imbang.

Brighton sebenarnya tak punya rekor tandang yang bagus karena imbang dua kali dan kalah dua kali di empat laga tandang terbaru, tapi melawan tim peringkat ke-19 Championship, harusnya tim Roberto de Zerbi bisa menang. Skor : Stoke City 0-2 Brighton.