Roma Singkirkan Feyenoord Dari Liga Europa Melalui Drama Adu Penalti, Kiper Giallorossi Pahlawan

Gila Bola – Hasil AS Roma vs Feyenoord di leg kedua 16 besar Liga Europa berakhir dengan skor 1-1 di waktu normal dan Giallorossi loolos ke perempat final usai menang di babak adu penalti (4-2) yang megakhiri pertadingan dengan agregat 6-4.

Mile Svilar menjadi pahlawan dengan dua penyelamatan dalam adu penalti, saat Roma sekali lagi mengeliminasi Feyenoord untuk memastikan tempat mereka di Babak 16 Liga Europa.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan leg pertama berakhir 1-1 dengan Romelu Lukaku menyamakan gol dari Igor Paixao, sehingga dengan aturan gol tandang tidak lagi berlaku, semuanya menjadi taruhan. Edoardo Bove absen karena hukuman, sementara Tammy Abraham cedera, Dean Huijsen dan Rasmus Kristensen tidak memenuhi syarat. Santiago Gimenez dan Lutsharel Geertruida kembali ke starting XI, tetapi Justin Bijlow, Gernot Trauner, Thomas van den Belt, dan Gjvai Zechiel masih absen.

Tim Belanda ini sudah kalah di sini 1-0 dari Lazio pada bulan November dan ketiga pertandingan tandang Liga Champions mereka musim ini berakhir dengan kekalahan.

Namun, itu adalah awal mimpi buruk bagi Daniele De Rossi, karena dalam lima menit Hartman telah melakukan crossing untuk Bart Nieuwkoop, Stephan El Shaarawy mencoba membersihkan bola, tetapi efek anehnya berubah arah ke arah Gimenez yang mengalihkan bola dari jarak enam yard dengan dadanya.

Roma melawan balik, karena pada sepak pojok tembakan Romelu Lukaku hampir saja masuk gol, kemudian Calvin Stengs berada di belakang Diego Llorente saat dia jatuh, tetapi VAR tidak melihat cukup kontak untuk penalti.

Mile Svilar bermain baik untuk tetap berdiri dan menahan serangan balik satu lawan satu dari Mats Wieffer, tetapi tuan rumah menyamakan kedudukan ketika El Shaarawy memberikan umpan kepada Pellegrini di pinggir kotak untuk melengkungkan bola dengan kaki kanannya ke sudut atas yang jauh.

Gimenez meleset dari posisi yang menjanjikan, sementara Bryan Cristante hanya menolehkan kepalanya ke arah crossing Pellegrini yang menyapu tiang jauh, dan Pellegrini tergelincir saat menerima umpan dari Lukaku.

Sepakan voli Dybala diblok setelah babak kedua dimulai, kemudian ada kontroversi pada menit ke-57. El Shaarawy dan Stengs berusaha membersihkan bola pada saat yang sama, pemain Roma mencapai bola lebih dulu dan ditendang di bagian belakang pergelangan kakinya, tetapi meskipun di Serie A itu selalu dianggap penalti, VAR dan wasit memutuskan melanjutkan permainan.

Diego Llorente dibawa keluar dengan tandu setelah benturan kepala yang tidak disengaja dengan Ayase Ueda, memberikan kesempatan bagi Evan Ndicka untuk kembali setelah Piala Afrika.

David Hancko menghalau bola untuk menghentikan Lukaku menyelesaikan serangan dari jarak tujuh yard setelah berkolaborasi dengan El Shaarawy, tetapi pertandingan berlanjut ke waktu tambahan.

Sundulan Cristante dari sepak pojok Leandro Paredes dibelokkan ke tiang samping dan Svilar berada tepat di belakang bola yang dilepaskan Luka Ivanusec.

Feyenoord terlihat lebih tajam dalam waktu tambahan dibandingkan dengan Giallorossi yang terlihat lelah, Nicola Zalewski menghentikan Geertruida dari menyelesaikan serangan Yankuba Minteh.

Minteh juga menguji Svilar di tiang dekat, sementara kiper tersebut mengantisipasi Lukaku dan Zalewski tergelincir pada saat yang krusial.

Roma hampir memenanginya di menit terakhir waktu tambahan, saat Tommaso Baldanzi melepas umpan kepada Lukaku, tembakannya berhasil diarahkan ke gawang sampai penyelamatan luar biasa ujung jari dari Timon Wellenreuther. Pada sepak pojok berikutnya, sundulan Lukaku ke tanah memantul kembali ke atas.

Pertandingan berlanjut ke adu penalti, Roma masih kesal karena kalah di Final Liga Europa musim lalu dari Sevilla dengan cara yang sama.

Sundulan lemah Lukaku diselamatkan, tetapi begitu juga usaha Hancko diselamatkan oleh Svilar. Kiper yang dipromosikan De Rossi di depan Rui Patricio membuktikan keputusannya tepat, karena ia juga menolak Alireza Jahanbakhsh, yang baru masuk untuk adu penalti.

Nicola Zalewski tetap tenang dan mengkonversi penalti terakhir untuk mengirim Roma ke Babak 16.

Hasil Roma vs Feyenoord Waktu Normal

  • Hasil leg kedua Roma 1-1 Feyenoord setelah perpanjangan waktu
  • Skor agregat 2-2
  • Pencetak gol: Gimenez 5 (Feyenoord), Pellegrini 15 (Roma)

Hasil Babak Adu Penalti Roma vs Feyenoord

  • Paredes (Roma, gol)
  • Ueda (Feyenoord, gol)
  • Lukaku (Roma, gagal)
  • Hancko (Feyenoord, gagal)
  • Cristante (Roma, gol)
  • Jahanbakhsh (Feyenoord, gagal)
  • Aouar (Roma, gol)
  • Hartman (Feyenoord, gol)
  • Zalewski (Roma, gol)
advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!