Ronald Koeman Dikritik Karena Panggil Eks Manchester United yang Jarang Bermain ke Timnas Belanda

Gila Bola – Ronald Koeman mendapat kritik keras karena memanggil mantan pemain Manchester United yang baru saja tinggalkan Bayern Munchen karena kekurangan waktu bermain.

Beberapa pengamat sepak bola di Ziggo Sport secara vokal mengkritik pemilihan skuad Timnas Belanda yang dilakukan Ronald Koeman di saat mereka mempersiapkan dua laga Uefa Nations League.

Dua pundit; Ronald de Boer dan Ronald Waterreus, bahkan perdebatkan dipanggilnya beberapa pemain jelang laga melawan Kroasia yang akan digelar di De Kuip.

Skuad Oranje akan menjadi tuan rumah di kompetisi musim panas tersebut, dan punya kans besar untuk memenangkannya. Namun, keputusan Ronald Koeman dalam pemilihan pemain malah dipertanyakan, terutama dengan dipanggilnya Andries Noppert dan Daley Blind.

Meskipun jarang dimainkan klub mereka, tapi Koeman tetap memanggil keduanya. Hal inilah yang membuat Waterreus mengaku frustrasi, walaupun dia mengaku berusaha mengerti alasan Koeman yang kemungkinan terpaksa memanggil Noppert karena kurangnya opsi yang tersedia.

Ronald Koeman Tak Panggil Jasper Cillessen

“Fakta bahwa Jasper Cillessen tidak dipanggil itu bisa dimengerti. Kita semua melihat penampilannya,” tandas Waterreus yang juga mantan kiper Timnas Belanda dan sudah kantongi tujuh cap itu.

“Saya merasa aneh Noppert ada di dalam daftar pemain yang dipanggil Ronald Koeman, karena pemain itu hanya satu kali bermain selama enam bulan,” tambah Waterreus.

“Kalau Frenkie de Jong yang hanya bermain satu kali, saya bisa mengerti. Tapi Noppert tak pernah mainkan perannya sebagai kiper selama enam bulan, aneh jika dia dianggap layak untuk skuad Oranje,” tegasnya.

Ronald de Boer lebih mengerti dengan kembalinya Noppert ke Timnas Belanda – kiper yang harus berjuang atasi cedera selama beberapa bulan.

“Dia pernah mainkan Piala Dunia dengan gemilang dan menuai pujian, saya pikir dia tidak akan bermain di pertandingan Nations League, dia di sana sebagai kiper ketiga. Itu bagus baginya, anda juga harus membawa tiga (kiper), dia punya potensi, dia seorang kiper yang kemungkinan akan anda nikmati permainannya,” ujar De Boer.

Ronald Koeman Hanya Panggil Pemain yang Sudah Ia Kenal

Sama halnya dengan pemanggilan Daley Blind ke Timnas Belanda saat ini, setelah ia kesulitan mendapat waktu bermain di Bayern Munchen. Sejak kedatangan Thomas Tuchel sebagai pelatih di Allianz Arena, bek veteran itu tak pernah menjadi bagian dari skuad Die Roten. Hal itulah yang kemudian memicu kritik Marco van Basten.

“(Dipilihnya Blind) juga aneh. Saya pikir, seorang pemain harus memiliki ritme permainan saat ia gabung skuad Oranje,” ujar Van Basten seperti dilansir Get Football News Bene.

“Jika anda sedikit bermain seperti halnya Blind, itu sulit. Ronald tampaknya hanya memilih pemain yang sudah dia kenal.  Dia memilih pemain yang sudah sering ia mainkan di masa lalu, dan ingin bekerja sama lagi dengan mereka. Namun dipilihnya Blind ini keterlaluan,” tegasnya.

Menurut De Boer, ini menjadi periode terakhir Blind di Timnas Belanda. “Anda punya Nathan Aké dan Tyrell Malacia di posisinya, sementara di lini tengah ada Lutsharel Geertruida, Mats Wieffer dan Frenkie (De Jong) yang bisa mainkan perannya. Blind layak mendapat penghormatan itu, tapi inilah aksi terakhirnya,” tambah De Boer.

Jadi Periode Kedua Koeman Latih Timnas Belanda

Adapun Ronald Koeman, saat ini ia jalani periode keduanya sebagai pelatih Timnas Belanda. Ia menggantikan Louis van Gaal yang berhenti setelah Piala Dunia Qatar tahun lalu.

Kembalinya Ronald Koeman ke skuad Oranje tak dimulai dengan awal yang menyenangkan, karena Frenkie de Jong dan kawan-kawan kalah 4-0 dari Perancis di Kualifikasi Euro 2024, meskipun kemudian menang 3-0 atas tim kecil, Gibraltar.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!