Sadio Mane Gabung Cristiano Ronaldo, Liverpool Rugi 145 Miliar!

Gila Bola – Langkah transfer Sadio Mane dari Bayern Munchen ke Al-Nassr, bergabung dengan Cristiano Ronaldo di klub Liga Arab Saudi itu ternyata berakhir merugikan bagi Liverpool. Tidak tanggung-tanggung, kerugian klub merah tersebut mencapai 145 miliar rupiah. Begini ceritanya.

Kepindahan Sadio Mane dari Bayern Munchen setelah hanya satu musim mengejutkan semua orang. Bukan saja para penggemar Die Roten yang menyesali kepergian sang bintang Senegal, namun juga bekas klubnya di Inggris.

Itu karena manajemen Liverpool akan merasakan dampak paling besar dari keputusan Sadio Mane untuk bergabung dengan bekas musuhnya Cristiano Ronaldo selagi Real Madrid mengalahkan mereka di final Liga Champions.

Bagaimana Ceritanya Liverpool Rugi 145 Miliar?

Klub Jurgen Klopp itu memutuskan untuk menjual penyerang mereka tersebut ke klub raksasa Bundesliga itu pada tahun 2021 lalu dengan harga 27,5 juta pound, yang ditaksir kira-kira setara 531 Miliar rupiah.

Itu adalah harga riil yang dibayarkan oleh Die Roten ke manajemen the Reds untuk pembelian Sadio Mane. Ada komponen add-on lain yang baru akan dibayarkan jika pemain 31 tahun tersebut mencapai jumlah penampilan tertentu.

Bonus inilah, yang ditaksir mencapai 7,5 juta pound atau 145 Miliar rupiah, yang gagal tercapai gara-gara keputusan bekas pemain RB Salzburg dan Southampton itu untuk buru-buru pindah ke Al-Nassr di Liga Arab Saudi. Tetapi Liverpool tidak bisa berbuat apa-apa karena itu merupakan keputusan bersama si pemain dan Bayern.

Sadio Mane Hanya 10 Gol Bagi Bayern Semusim

Tidak mengherankan Mane memilih pindah. Ia hanya mencatatkan 10 gol di semua kompetisi bagi raksasa berbasis di Allianz Arena itu, dengan rincian tujuh gol di Bundesliga, tiga di Liga Champions, selain lima kali assist di kompetisi liga domestik Jerman itu dan satu di Eropa.

Itu merupakan penampilan yang merosot tajam dibandingkan apa yang telah diraihnya bersama Liverpool, 21 gol di semua kompetisi pada musim terakhirnya 2021/22, 14 gol pada musim sebelumnya 2020/21, dan 20 gol pada musim sebelumnya lagi 2019/20.

Mane Akan Bermitra Bersama Ronaldo di Al-Nassr

Kedatangan Mane merupakan sebuah kemenangan lain lagi bagi Al-Nassr dan Liga Arab Saudi secara keseluruhan. Kini mereka mendapatkan bukan saja pemenang Ballon d’Or lima kali dalam diri CR7, tetapi juga pemenang Pemain Terbaik Afrika sebanyak dua kali.

Al-Nassr dilaporkan membayar pada kisaran 40 juta Euro untuk mendapatkan Pemain Terbaik Afrika pada tahun 2019 dan 2022 tersebut.

Siapa Saja Pemain Bintang Dalam Daftar Gaji Al-Nassr?

Selain Cristiano Ronaldo dan Sadio Mane, Al-Nassr juga sudah lebih dulu mendapatkan Marcelo Brozovic asal Inter Milan, selain Alex Telles dari Manchester United. Jangan dilupakan juga Seko Fofana dari Lens serta Kim Jin-su dari Jeonbok Hyundai Motors.

Al-Nassr sudah menjalani enam laga pramusim pada Juli 2023 ini dengan rincian menang dua kali melawan dua klub Portugal, Alverca dan Farense. Kemudian kalah telak 5-0 kontra Celta Vigo dan kalah lagi 1-4 oleh Benfica.

Dua laga pramusim terakhir justru usai imbang saat adrenalin meningkat karena menghadapi tim yang terkenal jauh lebih sulit, 0-0 kontra PSG dan 1-1 lawan Inter Milan.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!