Satu Gol Cristiano Ronaldo Bantu Portugal Raih Nilai Sempurna 27

Gilabola.com – Portugal tampil sempurna dengan sembilan kemenangan dari sembilan laga kualifikasi Euro 2024, nilai total 27. Tidak ada negara lain sesempurna skuad Cristiano Ronaldo itu, yang tadi malam juga mencetak satu dari dua gol kemenangan atas Liechtenstein.

Pertandingan kualifikasi Grup J memasuki matchday kesembilan dengan CR7 dan rekan-rekannya tandang ke Rheinpark Stadion pada Jumat subuh (17/11) guna menantang negeri mungil yang terjepit di antara Jerman, Perancis dan Belgia ini.

Pada perjumpaan terakhirnya, pasukan Roberto Martinez mengalahkan Liechtenstein dengan skor 4-0. Tapi tadi malam mereka sama sekali tidak berniat main sepak bola. Tuan rumah melepaskan hanya lima percobaan gol saja berbanding 29 kali milik tim tamu. Penguasaan bola 28 banding 72 persen.

Bagaimana Liechtenstein Meredam Serangan-serangan Portugal?

Sejak awal tuan rumah tidak berminat untuk maju ke depan dan melakukan serangan. Sebelum pertengahan babak kedua, xG atau angka harapan gol Liechtenstein hanya 0,00.

Ronaldo mencetak gol pertama pada menit 46, awal babak kedua, dengan bantuan satu umpan terobosan dari Diogo Jota, yang diselesaikan sang bintang Al-Nassr dengan satu sepakan kiri melambung ke tiang jauh. Lihat situasi jelang gol pertama itu pada foto di atas.

Bahkan ketika Ronaldo melepaskan serangan dengan kaki yang lebih lemah, bola berhasil diarahkan secara akurat melewati stopper Benjamin Buchel guna bersarang di tiang jauh.

Nanti setelah gol kedua dari Joao Cancelo datang pada menit 57, barulah tuan rumah menaikkan tempo permainan dan melepaskan tiga percobaan gol, satu terarah on target ke gawang Jose Sa.

Sebenarnya ada gol ketiga dari Goncalo Ramos pada menit 82 tetapi gol ini dibatalkan wasit dengan alasan sudah offside lebih dulu.

Total Passing Liechtenstein Seperlima Portugal

Tuan rumah tidak ingin membuka pertahanan timnya karena tahu mereka akan dibuat menyesal. Itulah sebabnya Liechtenstein sedikit sekali melakukan passing hanya sebanyak 179 kali, seperempat dari apa yang dilakukan Portugal 853 kali.

Tuan rumah melepaskan banyak sekali tackles, 19 kali, yang terasa kontras dengan apa yang dilakukan Joao Felix dan rekan-rekannya tujuh kali tackles.

Liechtenstein terhindar dari kebobolan lebih banyak karena peran penjaga gawang mereka yang melakukan enam penyelamatan penting. Jika tidak maka skornya mungkin sudah sama seperti pertemuan pertama yang terjadi di Estádio José Alvalade di Lisbon, 24 Maret 2023 lalu.

Dengan hasil ini Portugal mengoleksi 27 poin dan menjadi satu dari dua negara yang mencatatkan nilai sempura di tahap kualifikasi Piala Eropa 2024. Pesaing terdekatnya adalah Perancis di Grup B yang memiliki enam kemenangan dari enam, nilai 18.

Putaran akhir Piala Eropa ke-17 sepanjang sejarah ini akan dilangsungkan di 10 kota di Jerman antara 14 Juni sampai 14 Juli 2024.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!