Seberapa Pentingkah Coppa Italia? Tanyakan Itu ke Inter dan Napoli

Gila Bola – Inter baru saja tersingkir di ajang Coppa Italia pada 20 Desember 2023 lalu, saat disingkirkan oleh Bologna dengan skor 1-2 melalui extra time, pada babak 16 besar. Padahal Inter adalah sang juara bertahan 2022 dan 2023.

Nanti malam laga-laga kompetisi Coppa Italia akan dimulai kembali, yang melibatkan antara lain AC Milan, lalu juga Roma dan Juventus pada beberapa hari ke depan. Seberapa pentingkah kompetisi Piala Italia ini? Coba tanyakan itu ke sang juara bertahan dua kali, Inter, yang sudah terlanjur tersingkir.

Demikian juga Napoli, yang di masa lalu juga pernah menjadi juara sebanyak enam kali, juga tersingkir di tahap 16 besar kompetisi pada 19 Desember, menelan empat gol kebobolan di tangan tim yang kurang terkenal dan diremehkan, Frosinone.

Inter Sudah Menjadi Juara 9 Kali, 15 Kali Masuk Final

Kekalahan Lautaro Martinez dan rekan-rekannya di tahap 16 besar ini menjadi kejutan terbesar kompetisi setelah mereka ditelan oleh Bologna, tim yang juga menjadi kejutan di ajang Serie A.

Bologna bangkit dari urutan 16 dan 14 dari dua pekan pertama, untuk menduduki posisi kelima klasemen sementara Liga Italia, usai mencatatkan kemenangan atas Lazio, Roma, dan Atalanta, untuk menyebut beberapa contoh.

Inter sudah menjadi juara kompetisi Coppa Italia sebanyak sembilan kali, termasuk dua tahun beruntun pada 2022 dan 2023. Total ada 15 kali mereka meloloskan diri sampai ke final sepanjang sejarah.

Juventus dan Roma Tim Paling Sukses di Ajang Coppa Italia

Dua tim paling sukses di ajang kompetisi ini belum menyelesaikan tahap 16 besar mereka.

Juventus baru akan bertanding pada Jumat dinihari 5 Januari 2024 melawan Salernitana dan difavoritkan untuk menang. Bianconeri sudah memenangkan trofi ini sebanyak 14 kali, selain tujuh lainnya pulang dari final tanpa piala.

Demikian juga Roma baru akan bertarung pada Kamis dinihari 4 Januari 2024 melawan tamunya Cremonese dan juga dijagokan akan melaju ke tahap perempat final.

Giallorossi sudah pernah memenangkan piala ini sebanyak sembilan kali sepanjang sejarah, dan delapan kesempatan lain bertarung di partai puncak serta pulang membawa kekalahan.

Dua tim lain yang juga akan bertarung pada tahap 16 besar Coppa Italia ini adalah AC Milan nanti malam, atau Rabu dinihari 3 Januari, melawan Cagliari, serta Atalanta kontra Sassuolo pada Kamis dinihari.

Rossoneri sudah lima kali meraih gelar juara dari 14 kali final, sedangkan Atalanta satu kali menjadi kampiunnya dari lima kali mengikuti partai puncak kompetisi.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!