Selain Eden Hazard, Ini Para Pemain Besar yang Pensiun Pada 2023, Ada Idola Kamu?

Gila Bola Eden Hazard baru saja mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola setelah kontraknya di Real Madrid berakhir pada musim panas lalu, dengan dia memutuskan gantung sepatu di usia 32 tahun.

Selama karirnya bermain, legenda asal Belgia dikenal sebagai salah satu pemain terbesar di eranya di Premier League, sementara dia adalah pemain dengan dribel terbanyak setelah Lionel Messi selama periode waktu tertentu dan pemain dengan man od the match terbanyak ketiga setelah superstar Argentina itu dan Cristiano Ronaldo.

Namun selain Eden Hazard, ada banyak pemain dengan nama besar lain yang sebelumnya telah pensiun dari sepak bola pada tahun 2023 ini. Siapa saja mereka? Berikut di antaranya, ada idola kamu?

1. Gianluigi Buffon

Dikenal sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa, Gianluigi Buffon akhirnya pensiun di usia 45 tahun setelah berkarir selama 28 musim dalam karir profesionalnya. Penampilan heroiknya di Piala Dunia 2006 membantu timnas Italia mengangkat trofi, sementara dia menikmati masa-masa terbaiknya saat menjadi kiper Juventus.

2. Mesut Ozil

Mesut Ozil adalah salah satu playmaker terhebat di generasinya. Gelandang serang asal Jerman itu mengumumkan pensiunnya pada usia 34 tahun setelah bermain untuk Fenerbahce dan Istanbul Basaksehir. Dia adalah peman kunci saat negaranya memenangkan Piala Dunia 2014 sementara dia juga pernah membela Real Madrid dan Arsenal.

3. Gareth Bale

Gareth Bale, pemain sayap asal Wales, mengumumkan pensiunnya pada bulan Januari, segera setelah Piala Dunia 2022 berakhir. Kariernyamencapai puncaknya saat bermain untuk Real Madrid, di mana ia memenangi banyak trofi, termasuk lima Liga Champions. Setelah pensiun, dia tampaknya lebih tertarik pada permainan golf daripada sepak bola.

4. Zlatan Ibrahimovic

Karier Zlatan Ibrahimovic telah diwarnai oleh keberhasilan dan kepribadian yang kuat. Pencetak gol legendaris ini memutuskan untuk pensiun setelah musim 2022/2023 yang kurang aktif bersama AC Milan. Pidato perpisahannya yang penuh emosi di San Siro membuat semua orang terkesan. Ibra mengucapkan terima kasih kepada para fans Milan dan mengakui cinta dan dukungan yang dia terima selama kariernya.

5. Cesc Fabregas

Setelah berkarir selama 20 tahun lamanya, Cesc Fabregas memutuskan gantung sepatu pada bulan Juli tahun ini. Mantan gelandang Arsenal dan Chelsea itu memenangkan 12 trofi utama, termasuk Piala Dunia dan dua Kejuaraan Eropa bersama timnas Spanyol.

6. David Silva

David Silva terpaksa pensiun dini setelah menderita cedera ligamen. Dia membantu Real Sociedad lolos ke Liga Champions tahun ini, sayangnya dia tidak akan ambil bagian di turnamen. Dia menghabiskan sebagian besar karirnya di Manchester City dan dianggap sebagai salah satu legenda terbesar bagi juara Liga Inggris itu.

Selain mereka, ada juga beberapa nama top lain yang telah pensiun dari sepak bola seperti dua mantan bek tengah Atletico Madrid yang legendaris asal Amerika Selatan, yaitu Diego Godin dan Miranda.

Ada juga bagian dari lini pertahanan legendaris lainnya di tim Diego Simeone yaitu Sime Vrsaljko, sementara nama lain adalah mantan gelandang bertahan Liverpool dan Lazio, Lucas Leiva.

Nama-nama lain yang juga sudah gantung sepatu dari dunia sepak bola pada tahun 2023 ini adalah Bojan Krkic yang pernah dianggap sebagai ‘Messi Baru’, mantan striker Juventus dan Spurs Fernando Llorente, serta eks bomber Arsenal dan Real Madrid Emmanuel Adebayor.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!