Setiap Kali Kroasia Diremehkan, Luka Modric dan Rekan-rekannya Membuat Kejutan!

Gila BolaKroasia hanya memiliki penduduk 3 juta orang namun tim sepak bola mereka berhasil tampil secara konsisten dan kini mereka melaju ke final UEFA Nations League untuk mencoba meraih gelar pertamanya setelah nyaris menjadi juara Piala Dunia 2018.

Luka Modric dan rekan-rekannya lebih-lebih akan mengejutkan setiap kali mereka diremehkan, seperti yang mereka perlihatkan pada Kamis dinihari (15/6) saat mengalahkan Belanda pada partai semifinal kompetisi ini di Stadion De Kuip di kota Rotterdam.

Pasukan Oranje di bawah arahan Ronald Koeman unggul lebih dulu melalui gol Donyell Malen pada babak pertama sebelum dua gol datang dari skuad Zlatko Dalic melalui penalti Andrej Kramaric dan Mario Pasalic.

Gol Dramatis Noa Lang Gagal Membangkitkan Semangat Belanda

Situasi berubah secara dramatis saat gelandang Club Brugge Noa Lang berhasil mencetak gol sangat telat pada menit keenam masa reguler yang menyamakan skor 2-2 dan membuat pertandingan dilanjutkan melalui babak extra time.

Namun justru pada masa extra time ini datang dua gol lagi dari Kroasia. Satu kali melalui Bruno Petkovic yang selalu hadir pada momen-momen spesial. Salah satunya ketika pemain Dinamo Zagreb mencetak gol extra time guna menyamakan skor 1-1 melawan juara dunia lima kali, Brasil, sebelum laga perempat final Piala Dunia 2022 itu dimenangkan tim papan catur ini melalui adu penalti.

Skor akhir pertandingan semifinal UEFA Nations League 2023 ini dipastikan usai 2-4 setelah Luka Modric menyarangkan satu penalti pada menit 116 setelah satu pelanggaran oleh Tyrell Malacia.

Jejak Kejutan Kroasia Pada Masa Lalu

Salah satunya terjadi pada Piala Dunia 2018 di Rusia saat mereka hampir saja menjadi kampiun. Dalam perjalanan ke partai puncak itu mereka menyingkirkan Denmark di 16 besar melalui adu penalti.

Juga mengalahkan tuan rumah Rusia di perempat final dengan skema sama adu penalti, setelah gol Andrej Kramaric dan Domagoj Vida sama banyaknya dengan gol-gol Rusia. Saat adu penalti, Mateo Kovacic menjadi satu-satunya eksekutor yang gagal melesakkan gol, tetapi mereka tetap lolos ke empat besar.

Ketemu Inggris di semifinal, siapa yang menjagokan Kroasia? Tidak ada yang berani, tetapi sekali lagi Ivan Rakitic dan rekan-rekannya mengejutkan seluruh dunia dengan dua gol dari Ivan Perisic serta Mario Mandzukic. Dua gol itu membalaskan gol cepat dari Kieran Trippier menit kelima.

Mereka melaju ke final Piala Dunia 2018. Namun sayangnya gol bunuh diri Mario Mandzukic menit 18 merusak upaya tim, dengan dua gol berikutnya dari Ivan Perisic selain penebusan kesalahan dari Mandzukic gagal menandingi gol-gol Antoine Griezmann, Paul Pogba dan Kylian Mbappe.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!