Sevilla Dalam Tekanan Berat, Jaga Dominasi Spanyol di Piala Super Eropa

Gila Bola – Final Piala Super Eropa akan berlangsung dalam waktu dua hari lagi, dengan Sevilla mengemban tugas berat mengamankan dominasi tim Spanyol di kompetisi ini. Sebanyak tujuh dari 10 final terakhir dimenangkan tim asal La Liga.

Sevilla selaku pemenang Liga Europa akan menantang Manchester City selaku juara Liga Champions dalam duel guna menentukan siapa yang terbaik di antara kedua tim itu pada pertandingan di Stadio Georgios Karaiskaki di Piraeus Yunani pada Kamis dinihari 17 Agustus 2023.

Dua tim asal Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, menjadi dua dari tiga tim paling sukses di kompetisi Piala Super UEFA ini, memenangkan lima kali masing-masing. Sama banyaknya dengan apa yang dicapai AC Milan.

Bedanya adalah, Blaugrana sudah lolos ke final Piala Super Eropa ini sebanyak sembilan kali, Los Blancos delapan dan Rossoneri tujuh kali sepanjang sejarah.

Dominasi Spanyol di Piala Super UEFA Terasa Sejak 2002

Tahun 2002 itu Real Madrid menang atas Feyenoord, disusul dua tahun setelahnya (2004) Valencia unggul atas FC Porto, sebelum Sevilla menang 3-0 atas Barcelona pada 2006.

Tiga tahun kemudian, mulai 2009, dimulailah dominasi tim-tim La Liga di Piala Super UEFA ini dengan empat tahun secara berturut-turut pemenangnya secara bergantian adalah Barcelona dua kali dan Atletico Madrid juga dua kali.

Setelah diselingi oleh Bayern Munchen satu kali pada 2013, lima tahun selanjutnya kembali didominasi oleh tim-tim La Liga. Real Madrid sebanyak tiga kali, Barca satu dan Atletico satu kali.

Antara 2019 sampai 2021, negara semenanjung Iberia itu harus menerima kenyataan bahwa Liverpool, Bayern Munchen dan Chelsea mengambil alih kekuasaan di Piala Super, sebelum Real Madrid mengembalikannya ke tangan tim-tim La Liga untuk edisi 2022.

Siapakah Calon Lawan Untuk Edisi 2023?

Manchester City selaku juara Liga Champions lebih difavoritkan untuk menang pada Piala Super UEFA edisi 2023 ini karena gelar treble mereka dan dominasi di liga domestik, Premier League.

Sevilla di sisi lain hanya menempati urutan ke-12 Liga Spanyol, meskipun mampu meraih gelar Liga Europa ketujuh kalinya sepanjang sejarah, mengalahkan AS Roma dengan adu penalti di final 2023.

Los Nervionenses sudah memenangkan gelar juara kompetisi kedua Eropa ini pada 2006 dan 2007, kemudian tiga tahun berurutan antar 2014 sampai 2016 di bawah Unai Emery, selain 2020 dan 2023.

Namun di level Piala Super Eropa, Sevilla baru satu kali menjadi juara, yakni pada 2006, mengalahkan Barcelona 3-0 di final yang dilangsungkan di Stade Louis II di Monaco.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!