Skotlandia Menang Dramatis Atas Erling Haaland dan Martin Odegaard di Kualifikasi Euro 2024

Gila BolaNorwegia tertidur saat unggul satu gol dari Erling Haaland dan membiarkan dua gol kebobolan dalam dua menit di akhir laga mereka di kota Oslo pada Sabtu malam (17/6), menjadikan Skotlandia menang tiga dari tiga!

Tim yang diperkuat Andy Robertson itu sudah tahu bahwa mereka harus mematikan sang penyerang Manchester City tersebut pada laga Sabtu tengah malam (17/6) di Ullevall Stadion di kota Oslo, namun dalam upaya menahan sang raja gol itu pula lah, Skotlandia membuat kesalahan.

Bek tengah Ryan Porteous menahan dan kemudian menjatuhkan Haaland di dalam kotak penalti dalam satu kesempatan serangan Norwegia, memaksa wasit Matej Jug memberikan hadiah penalti yang diselesaikan secara tepat oleh pemain 22 tahun itu, langsung ke sudut kanan gawang Angus Gunn.

Itu merupakan gol internasional ketujuh dari Haaland bagi negaranya, gol ke-59 sepanjang musim ini di semua kompetisi untuk tim nasional Norwegia dan Manchester City.

Skotlandia Membalas Dua Gol Dalam Dua Menit

Saat semua orang yakin bahwa skuad Haaland dan Odegaard akan mencatatkan kemenangan pertamanya, datang dua gol beruntun dari Lyndon Dykes, penyerang Queens Park Rangers, serta Kenny McLean asal Norwich City.

Gol kedua pemain ini terjadi menit 87 dan 89, membalikkan skor menjadi 1-2 bagi keunggulan Skotlandia yang bertahan sampai akhir.

Ini merupakan kemenangan ketiga dari pasukan yang diarahkan oleh Steve Clarke itu, dalam upaya mereka lolos ke kompetisi Piala Eropa 2024.

Erling Haaland Hanya Memiliki 13 Sentuhan Atas Bola 

Taktik tim Skotlandia sudah benar. Jangan beri bola ke arah Haaland. Terbukti sampai setelah penalti oleh sang pemain Manchester City itu, tercatat ia hanya bisa melakukan 13 sentuhan pada bola, yang paling sedikit dari 22 pemain yang memainkan laga Norwegia vs Skotlandia ini.

Satu kesalahan dari bek Watford Ryan Porteous menyebabkan penalti dan hal itu berpeluang merusak catatan sempurna timnas Skotlandia, yang menang dua kali sebelum ini atas Siprus 3-0 dan atas Spanyol 2-0. Beruntung ada gol-gol dari Dykes dan McLean.

Sekarang posisi Scott McTominay dan rekan-rekannya masih di puncak Grup A Kualifikasi Euro 2024 dengan koleksi 9 poin, sementara Haaland dan Odegaard akan sangat kecewa dengan koleksi nilai mereka (1), yang mengalami satu kekalahan dan satu hasil imbang sebelum ini.

Jadwal Laga-laga Norwegia Berikutnya

  • Menerima kedatangan Siprus pada 20 Juni
  • Menjadi tuan rumah Georgia, 12 September
  • Tandang ke Siprus pada 12 Oktober
  • Menjamu Spanyol, 15 Oktober
  • Tandang ke Skotlandia pada hari terakhir kualifikasi, 19 November 2023

Hanya dua tim paling atas dari setiap grup kualifikasi yang lolos ke putaran final Euro 2024 yang akan diselenggarakan di Jerman.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!