Southgate Gembira Perkembangan Luke Shaw, Peluang Membela Inggris di Euro 2024 Terbuka Lebar

Gila Bola – Timnas Inggris beri peluang bagus bagi Luke Shaw untuk membela Timnas Inggris di Euro 2024. Demikian ungkap pelatih The Three Lions, Gareth Southgate, terkait pemanggilan bek Manchester United itu.

“Saya harus katakan, dia tunjukkan perkembangan sangat bagus. Saya pikir, saya sudah katakan pekan lalu, hingga kami dapatkan para pemain yang akan bekerja sama dengan kami, ada banyak informasi yang kami tidak tahu,” tandas Southgate kepada TalkSport.

“Kami senang dengan bagaimana dia berkembang. Masih ada sedikit yang harus dikerjakan sebelum dia bisa masuk lapangan dalam situasi bertanding, tapi benar-benar senang dengan pekerjaan yang sudah dia lakukan bersama tim penampilan fisik dan tim medis kami, jadi.. yah, dia masuk dengan kans bagus,” tambahnya.

Satu yang perlu dicatat, Shaw tak pernah bermain lagi untuk Inggris maupun Manchester United, sejak ia menderita cedera otot di pertandingan Liga Premier melawan Luton Town pada 18 Februari 2024.

Dia mencetak empat gol dan 28 assist untuk United dalam 275 penampilannya, sejak ia datang dari Southampton pada bulan Juli 2014. Selain itu, dia sudah bermain untuk Inggris dalam 31 pertandingan, dengan torehan tiga gol dan sembilan assist.

Awalnya Mengejutkan, Timnas Inggris Panggil Luke Shaw yang Cedera

Nama Luke Shaw secara mengejutkan masuk dalam daftar 33 pemain skuad awal Timnas Inggris untuk Euro 2024, dan akan memangkasnya menjadi 26 pemain pada hari Jumat (7/6).

“Itu sesuatu yang harus kami tuntaskan karena, tentu saja, jika dia tak siap untuk beberapa laga pertama, maka ada peluang dia bisa selanjutnya juga gagal,” ujar Southgate saat ditanya apakah layak mempertaruhkan hadirkannya Shaw ke dalam tim nasional asuhannya, seperti dilansir CGTN

“Anda harus memastikan, anda sudah mendapat cukup pemain pelapis dalam situasi itu, jadi ada beberapa pertandingan yang akan kami mainkan beberapa hari mendatang,” tandasnya.

Di ajang Euro 2024 yang akan berlangsung di Jerman 14 Juni hingga 14 Juli mendatang, Inggris berada di Grup C bersama-sama Slovenia, Denmark dan Serbia. Skuad Southgate terakhir kali tunjukkan penampilan terbaiknya dalam turnamen ini, adalah saat mereka menutup ajang ini sebagai runners-up di Euro 2021.