Statistik Timnas Indonesia U24 vs Uzbekistan: Kalah Jauh Banget!

Gila Bola –¬† Timnas Indonesia U24 disingkirkan Uzbekistan di babak 16 besar Asian Games 2022/Hangzhou, Kamis (28/9). Statistik dalam laga itu memperlihatkan bagaimana Garuda Muda kalah jauh dalam segala hal dari tim asuhan Timur Kapadze tersebut.

Ramadhan Sananta dan kawan-kawan harus merasakan gempuran dari tim lawan sejak menit-menit awal pertandingan. Bintang Persis Solo ini memang menyusul ke Hangzhou, China, setelah tim asuhan Indra Sjafri tersebut dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Namun, di babak ini, Timnas Indonesia harus bertemu lawan tangguh yang sangat bernafsu untuk menang. Seakan tak memberi ruang sedikitpun untuk Indonesia bergerak dan mendapat bola, mereka terus-menerus mencoba menguasai jalannya laga hingga waktu normal usai, dan di babak tambahan waktu.

Akibatnya, statistik yang muncul di akhir laga menunjukkan, Timnas Indonesia nyaris kalah dalam segala hal dari Uzbekistan. Dari jumlah tembakan ke arah gawang misalnya, Uzbekistan berhasil lepaskan 28 tendangan dan 12 di antaranya on target. Sedangkan tim Indra Sjafri, hanya berhasil sodorkan tujuh tembakan dan hanya dua yang tepat sasaran.

Di samping itu, Uzbekistan juga berhasil menguasai bola hingga 56 persen dan mengirim 484 umpan, dengan tingkat kesuksesan mencapai 81 persen.

Timnas Indonesia Sejak Awal Bermain Bertahan, Bahkan Ketika Sudah Kebobolan 1-0

Lalu, Indonesia, hanya mampu lepaskan 414 umpan dengan tingkat keberhasilan hanya 73 persen dan, terdapat 110 kesalahan umpan yang dilakukan skuad Garuda Muda.

Dalam pertandingan ini, sejak awal Indonesia memang lebih banyak bertahan. Karena itulah statistiknya, skuad Indra Sjafri banyak memenangkan duel di wilayah pertahanan, dengan catatan 19 clearances, 35 tekel dan 10 kali penyelamatan.

Meski demikian Indonesia masih memiliki satu sisi positif, yakni lini pertahanan yang cukup tangguh dalam hadapi gempuran skuad Uzbekistan malam ini. Pasalnya, selama laga normal dua kali 45 menit, tekanan yang dilancarkan tim asuhan Timur Kapadze tak ada yang membuahkan hasil. Ernando Ari pun tampil cemerlang dengan lakukan beberapa kali penyelamatan gemilang.

Gol Ramadhan Sananta Dianulir, Hugo Samir Diusir, Bikin Indonesia Makin Melempem!

Gawang kiper Persebaya itu kebobolan di awal babak tambahan waktu, bahkan di saat babak tersebut baru berjalan satu menit. Pemain pengganti Sherzod Esanov sukses memanfaatkan umpan sepak pojok dan berhasil membuat timnya memecah kebuntuan.

Ramadhan Sananta sempat menjebol gawang Uzbekistan dengan memanfaatkan tendangan bebas Rizky Ridho. Sayangnya, Ramadhan dinyatakan berada di posisi offside saat menyarangkan bola masuk gawang lawan. Gol itupun dianulir wasit!

Indonesia makin kocar-kacir setelah Hugo Samir diusir keluar akibat menyikut pemain lawan hingga terjatuh. Bermain dengan 10 pemain, Indonesia tambah kesulitan hadapi tekanan Uzbekistan, hingga Esanov mencetak brace-nya di menit 119 dan Uzbekistan pun meraih tiket ke babak perempat final Asian Games.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News