Sudah Gagal ke Piala Dunia 2022, Italia Kini di Ambang Gagal ke Euro 2024

Gila Bola – Italia kalah dalam lawatan mereka ke Inggris, Rabu dinihari (18/10) dan pasukan Luciano Spalletti itu kini di ambang gagal lolos ke putaran final Euro 2024, turnamen besar kedua berturut-turut setelah gagal lolos pula ke Piala Dunia 2022.

Italia kini memiliki 10 poin saja dan duduk di posisi ketiga Grup C kualifikasi Piala Eropa, tiga poin di bawah Ukraina (13) dan enam poin di bawah Inggris (16). Meski demikian Azzurri masih memiliki dua pertandingan tersisa, sementara Ukraina hanya satu.

Masalahnya adalah, laga satu tersisa Oleksandr Zinchenko dan rekan-rekannya pada pekan ketiga November 2023 itu, tahu menghadapi siapa? Italia.

Jadi, Azzurri berpeluang hanya mendapatkan tiga poin tambahan saja saat bertemu Makedonia Utara, 17 November nanti.

Kronologi Kekalahan Italia di Stadion Wembley

Skuad tim biru itu baru saja mengalami pergantian pelatih setelah Roberto Mancini melarikan diri guna mencari penghasilan yang lebih baik dengan pergi ke Liga Arab Saudi. Bekas manajer Napoli yang baru saja merebut Scudetto, Luciano Spalletti mengambil alih tim nasional.

Untuk 15 atau 16 menit babak pertama, terlihat seolah-olah sentuhan tangan Spalletti menghasilkan emas setelah gol dari Gianluca Scamacca, yang terjadi usai menyambar umpan tarik dari Giovanni Di Lorenzo.

Namun sang pemberi assist menjadi penyebab hukuman penalti selang 15 menit setelah gol Azzurri itu, usai menjatuhkan Jude Bellingham di dalam kotak, sebelum Marcus Rashford menjauhkan jarak dengan bantuan aksi lob dan dribble sang bintang Real Madrid.

Satu kesalahan sundulan dari pemain pengganti Alessandro Bastoni menjadi penyebab terjadinya gol ketiga tim Tiga Singa oleh sang kapten Kane, dengan skor 3-1 bertahan sampai peluit akhir.

Bagaimana Cara Italia Lolos ke Euro 2024?

Kini Nicolo Barella dan rekan-rekannya harus memenangkan dua laga sisa mereka, yang diawali dengan menyambut kedatangan Makedonia Utara pada 17 November mendatang di Stadio Olimpico di Roma. Seharusnya bisa dimenangkan oleh Italia dengan mudah karena tim yang sama menderita kekalahan 7-0 saat tandang ke Inggris.

Namun laga terakhir Azzurri adalah tandang ke BayArena di Leverkusen Jerman untuk menghadapi tuan rumah Ukraina.

Kondisi Italia di Grup C diperparah dengan kemenangan Ukraina tadi malam 1-3 di Malta, dengan Mykhailo Mudryk mencetak satu gol.

Tim dari negara yang sedang berperang melawan Rusia itu kini memiliki tiga poin lebih baik daripada Azzurri dan kedua tim akan sama-sama memiliki 13 poin jika tim biru berhasil mengalahkan Makedonia, sebelum laga terakhir pada 20 November.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!