Sudah Tahu Belum Aturan Kualifikasi Euro 2024? 53 Negara Berebut 23 Tiket Lolos ke Jerman

KoGila Bola – Babak kualifikasi Euro 2024 sedang kembali berlangsung selama jeda internasional bulan ini saat persaingan untuk lolos ke Jerman tahun depan semakin memanas.

Sekedar sebaga kilas balik, pengundian babak kualifikasi dulu dilangsungkan di negara tuan rumah di Frankfurt, Jerman, pada Minggu 9 Oktober 2022. Tuan rumah jelas secara otomatis lolos ke putaran final Euro 2024.

Artinya dari 24 slot yang tersedia, tinggal 23 slot yang akan diperebutkan oleh 53 negara, minus timnas Rusia yang ditangguhkan akibat perang yang sedang berlangsung dengan negara Ukraina.

Dari 53 tim tersebut telah dibagi ke dalam sepuluh grup berbeda dengan rincian bahwa tujuh grup yang terdiri dari lima tim nasional dan tiga grup yang terdiri dari enam tim nasional.

Berikut pembagian grup kualifikasi Euro 2024 :

  • Grup A : Spanyol, Skotlandia, Norwegia, Georgia, Siprus
  • Grup B : Belanda, Prancis, Republik Irlandia, Yunani, Gibraltar
  • Grup C : Italia, Inggris, Ukraina, Makedonia Utara, Malta
  • Grup D : Kroasia, Wales, Armenia, Türkiye, Latvia
  • Grup E : Polandia, Ceko, Albania, Kepulauan Faroe, Moldova
  • Grup F : Belgia, Austria, Swedia, Azerbaijan, Estonia
  • Grup G : Hungaria, Serbia, Montenegro, Bulgaria, Lituania
  • Grup H : Denmark, Finlandia, Slovenia, Kazakhstan, Irlandia Utara, San Marino
  • Grup I : Swiss, Israel, Rumania, Kosovo, Belarus, Andorra
  • Grup J : Portugal, Bosnia dan Herzegovina, Islandia, Luksemburg, Slovakia, Liechtenstein

Nah aturan di babak kualifikasi ini adalah bahwa dua tim teratas dari masing-masing grup akan lolos otomatis ke putaran final Euro 2024 di Jerman. Jadi total 20 tiket diperebutkan di babak kualifikasi ini.

Berarti 20 tiket babak kualifikasi plus satu negara tuan rumah sudah ada 21 tiket dari 24 tiket yang tersedia. Nah tiga tiket tersisa akan ditentukan melalui tempat play-off melalui UEFA Nations League 2022/23.

Menurut berita yang dirilis di situs resmi UEFA, dua belas tim akan dipilih berdasarkan performa mereka di Nations League musm 2022/23, yang secara nominal merupakan juara grup Liga A, B, dan C.

Akan tetapi jika di antara mereka ada yang sudah lolos, baik melalui babak kualifikasi atau sebagai tuan rumah, maka mereka akan digantikan oleh tim dengan peringkat terbaik berikutnya di liga mereka.

Menurut jadwal, babak kualifikasi akan berakhir bulan depan pada pertengahan November. Selanjutnya babak play-off akan dimainkan pada 21 Maret 2024 dan final play-off dimainkan pada 26 Maret 2024.

Selanjutnya putaran final Euro 2024 di Jerman akan digelar antara 14 Juni 2024 hingga 14 Juli 2024, jadi 14 Juni akan digelar sebagai pertandingan pembuka dan final akan digelar pada 14 Juli.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News